Hari Kebangkitan Nasional, Presiden: Bangkit dan Menang Lawan Covid-19!

Presiden Joko Widodo / BPMI Setpres - Muchlis Jr
20 Mei 2021 14:17 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat berjuang menekan pandemi Covid-19, Kamis (20/5/2021).

Melalui akun media sosialnya, Presiden menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 telah meluas secara global dalam setahun terakhir.

"Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang untuk membendung segala dampaknya," kata Jokowi dikutip dari akun Instagram @jokowi, Kamis (20/5/2021).

Dia pun mengajak masyarakat untuk saling bergotong royong melawan pandemi dengan semangat Budi Utomo.

"Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju," ujar Jokowi.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati merujuk pada hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini bergerak di bidang sosial ekonomi dan kebudayaan.

Budi Utomo juga menjadi pelopor perjuangan kemerdekaan dengan memanfaatkan kekuatan pemikiran. Organisasi ini juga mendorong terbentuknya beberapa organisasi perjuangan lainnya.

Presiden Soekarno menetapkan Harkitnas pada tanggal berdirinya Budi Utomo pada 1948 di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Kebijakan kemudian diperkuat dengan Keppres 1/1985 tentang Penyelenggaraan Peringatam Hari Kebangkitan Nasional.

Sumber : bisnis.com