Basarnas Siagakan Personel di Pantai Selatan DIY

Personel Basarnas Jogja berpatroli di sejumlah kawasan wisata Pantai Selatan DIY, Sabtu (15/5 - 2021). Dok/Ist
15 Mei 2021 14:51 WIB Yosef Leon News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Basarnas Jogja menyiagakan sejumlah personel untuk mengawasi keamanan wisatawan di masa libur Lebaran kali ini. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, wisatawan biasanya kerap memadati kawasan wisata pantai untuk berpelesir sehabis Hari Raya Idulfitri.

Kepala Kantor Basarnas Jogja, L. Wahyu Efendi, mengatakan Basarnas bersama petugas gabungan lainnya bersiaga dan berpatroli di sejumlah kawasan pantai selatan DIY. Mulai dari pantai di wilayah Kulonprogo, Bantul, sampai ke Gunungkidul.

"Tim dari Basarnas Jogja disebar ke beberapa titik objek wisata pantai termasuk dari Pos Basarnas Gunungkidul dan Unit Siaga Basarnas Kulonprogo," katanya Sabtu (15/5/2021).

Wahyu menambahkan untuk tim dari kantor induk juga ikut melaksanakan patroli ke objek wisata pantai di wilayah Bantul seperti Pantai Parangtritis, Parangkusumo, Pantai Baru, dan pantai di sekitarnya.

Sementara untuk tim dari pos Basarnas Gunungkidul melaksanakan patroli di Pantai Baron, Krakal, Ngrenehan, dan pantai lainnya. Sedangkan untuk personel dari unit siaga Kulonprogo melaksanakan patroli ke Bandara YIA, Pantai Glagah, Congot, Trisik, dan Bugel. "Kami juga menyiagakan tim jet sky di Pantai Wediombo untuk berpatroli dari jalur laut ke pantai-pantai di sekitar Pantai Wediombo. Ada dua unit jet sky," imbuhnya.

Wahyu menerangkan patroli tim gabungan di objek wisata ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi para wisatawan yang sedang berwisata. Selain itu, juga untuk mengimbau ke wisatawan untuk tetap menaati protokol kesehatan.

"Imbauan untuk masyarakat, khususnya masyarakat DIY yang akan berwisata di pantai selatan DIY untuk tidak bermain air di laut, tetap menaati imbauan petugas yang ada di lapangan serta harus patuh protokol kesehatan selama berwisata," katanya.