RS Indonesia di Gaza Porak-Poranda

Tentara Israel menembakkan rudal ke jalur Gaza, Yerusalem - Twitter
13 Mei 2021 23:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Juru bicara Brigade Al-Qassam, Abu Ubaida mengatakan sayap bersenjata untuk pertama kalinya menembakkan roket ke arah Bandara Ramon.

“Rudal Ayyash 250, dengan jangkauan lebih dari 250 km telah diluncurkan di Bandara Ramon, sekitar 220 km dari Gaza," katanya dikutip dari Al Jazeera, Kamis (13/5/2021).

Roket tersebut dinamai Yahya Ayyash, salah satu agen terkemuka Hamas yang dibunuh oleh Israel pada 1996.

Abu Obeida menyebut peluncuran roket itu sebagai bagian dari tanggapan Brigade Qassam atas pembunuhan komandan seniornya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza mengalami kerusakan akibat serangan Israel, Selasa malam (11/5/2021) waktu setempat.

Kepala Komite Penyelamat Darurat Medis Presidium (MER-C) Sarbini Abdul Murad mengatakan, bahwa fasilitas kesehatan tersebut tidak terkena langsung bom, tapi efeknya tetap merusak sebagian bangunan.

“Karena ledakan keras membuat gedung-gedung bergetar dan langit-langit bangunan runtuh,” ujarnya dikutip dari nation.com.pk, Rabu (12/5/2021).

Murad mengatakan, bahwa tidak ada pasien atau karyawan yang terluka, tetapi serangan itu menyebabkan banyak trauma.

Pihak Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan bahwa serangan terhadap fasilitas kesehatan oleh Israel pada Selasa (11/5/2021) malam tersebut bukanlah kali pertama.

"Ini bukan pertama kalinya mereka menyerang fasilitas kesehatan. Tindakan ini jelas melanggar hukum humaniter internasional dan Konvensi Jenewa," katanya.

Dia pun mengutuk serangan itu dan mendesak organisasi internasional terkait untuk mengambil langkah penghentian penyerangan terhadap warga sipil dan fasilitas kesehatan.

 

Sumber : Bisnis Indonesia