Advertisement

Menteri Budi Karya Klarifikasi Pernyataannya soal Vaksin Gratis

Newswire
Selasa, 11 Mei 2021 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menteri Budi Karya Klarifikasi Pernyataannya soal Vaksin Gratis Menhub Budi Karya Sumadi. - ANTARAFOTO/Rossa Panggabean

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub)mengklarifikasi pernyataannya soal warga yang melakukan perjalanan darat pada masa peniadaan akan diberikan vaksin gratis.

Pernyataan itu diungkapkannya saat konferensi pers yang dilakukan secara virtual usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, yang diberikan secara gratis bukan vaksin, melainkan tes Covid-19 secara gratis.

"Jadi pernyataan yang benar adalah Menhub mengusulkan kepada Menko Perekonomian dan Menkes untuk memberikan tes Covid-19 gratis bagi mereka yang melakukan perjalanan melalui darat," ujar Budi dalam klarifikasinya kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Usulan tersebut, lanjut Budi, dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang diprediksi mencapai puncak pada H+2 dan H+7 Idulfitri 1442 H/2021.

Adapun, terdapat dua hal yang Menhub usulkan untuk mengantisipasi potensi lonjakan pada arus balik. Pertama yaitu, mengimbau masyarakat untuk menunda kepulangan supaya tidak bertemu di satu tempat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan penumpukan.

"Kedua, kami usulkan dilakukan testing yang intensif di berbagai tempat yang konsentrasinya besar seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni," imbuh dia.

Baca juga: Novel Baswedan Bongkar Kejanggalan Tes TWK

"Kami mengusulkan kepada menko perekonomian dan menkes untuk memberikan tes Covid-19 gratis bagi mereka yang melakukan perjalanan melalui darat," katanya.

Sebelumnya, menhub mengusulkan adanya pemberian Vaksin Covid-19 gratis kepada para pemudik yang gunakan transportasi darat saat arus balik di masa larangan mudik.

Advertisement

Menhub menjelaskan, pemberian ini dalam rangka tracing Covid-19 para pemudik yang nekat mudik selama larangan mudik 6-17 Mei.

"Kami usulkan dilakukan tracing yang itensif di beberapa tempat yang konsentrasinya besar katakanlah di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta, bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni dilakukan tracing secara intensif, sehingga kami usulkan nanti Pak menko dan Pak menkes memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," ujar Menhub dalam konferensi pers seusai Rapat Terbatas di Istana Negara, Senin (10/5/2021).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pesan Ketum PP Muhammadiyah untuk Mahasiswa Unisa: Raih Masa Depan dengan Ketakwaan

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 15:42 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement