Advertisement

Program Jemput Sakit Antar Sehat Kota Magelang Layani Transportasi ke Rumah Sakit

Nina Atmasari
Senin, 10 Mei 2021 - 23:37 WIB
Nina Atmasari
Program Jemput Sakit Antar Sehat Kota Magelang Layani Transportasi ke Rumah Sakit Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz meluncurkan program "Jemput Sakit Antar Sehat" yang sekaligus menandai peresmian kantor Public Sefety Center (PSC) 119, Senin (10/5/2021). - Ist/dok Prokompim Pemkot Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Bidang kesehatan menjadi salah satu program unggulan kepemimpinan Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur.

Pada Senin (10/5/2021), Pemkot Magelang meluncurkan program "Jemput Sakit Antar Sehat" yang sekaligus menandai peresmian kantor Public Sefety Center (PSC) 119 Jalan Pahlawan No. 86 Kota Magelang.

Advertisement

"Saya bersyukur atas peluncuran PSC 119 "Jemput Sakit Antar Sehat" ini. Bagi saya kesehatan nomor 1, harus jadi fokus dan indikatornya harus jelas. Agar masyarakat kita tenang," kata Dokter Aziz, panggilan dr.Muchamad Nur Aziz, disela-sela kegiatan.

PSC 119 menurutnya penting untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat. Ia menargetkan, di tiap kecamatan harus memiliki pelayanan PSC 119 ini. Sejauh ini baru Kecamatan Magelang Utara saja yang sudah ada, sedangkan Kecamatan Tengah dan Selatan belum ada.

Baca juga: Masuk ke Magelang dari DIY, 137 Kendaraan Diminta Putar Balik

“Kita anggarkan di perubahan nanti untuk Kecamatan Tengah dan Selatan. Intinya tiap kecamatan harus ada layanan PSC 119 ini supaya pelayanan kesehatan memuaskan. Wali kotanya dokter kok pelayanan kesehatan kurang bagus, kan lucu,” paparnya.

Ia menyebutkan, sarana prasarana sejauh ini sudah dinilai cukup. Ada ambulans, perawat dan pelayanan yang diintegrasikan dengan rumah sakit atau Puskesmas yang ada.

“Petugasnya juga sementara libatkan yang ada dulu, kalau diperlukan nanti kita tambah. Terutama tenaga perawatnya, karena ini penting. Kalau dokter belum perlu dulu, karena PSC hanya melayani pertolongan pertama saja, maka yang penting adalah perawat,” terangnya.

Plt Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Yis Romadon menambahkan, pelayanan "Jemput Sakit Antar Sehat" merupakan layanan kesehatan dengan menjemput pasien/warga dari rumah atau tempat kejadian dalam kondisi darurat (mengancam) jiwa dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Bandara Tunggul Wulung Jadi Tempat Pelatihan Terbang Malam secara VFR

“Bisa juga layanan kesehatan dalam kondisi nondarurat yang terkendala akses transportasi menuju fasilitas kesehatan tingkat lanjut (rumah sakit). Adapun layanan antar sehat bentuk pelayanan kepada masyarakat yang terkendala akses transportasi ketika pulang dari rumah sakit,” ujarnya.

Dia menuturkan, jumlah personel yang melayani layanan ini masih diampu bersama-sama dengan tim PSC 119 yang juga terlibat dalam pelayanan kegawatdaruratan medik pra RS. Jumlah personel yang ada saat ini antara lain 6 perawat, 2 bidan, 3 petugas call center, 3 driver PSC, dan 3 driver Jemput Sakit Antar Sehat.

“Driver "Jemput Sakit Antar Sehat" ini sementara ditempatkan di 3 kecamatan. Waktu pelayanan di kecamatan sementara belum 24 jam, sehingga pelayanan di luar jam kerja diampu PSC 119 dan standby di kantor pusat Jalan Pahlawan,” katanya.

Selain dilayani PSC 119, kata Yis, layanan ini juga didukung ambulans dari PMI serta komunitas ambulans yang merupakan jaringan layanan PSC 119. Di antaranya ambulan PMI, Laziz, DKD, Kharisma, dan ambulan siaga lainnya yang telah terintegrasi dengan PSC 119.

Bahkan, kata Yis, pelayanan PSC sudah terintegrasi dengan sistem jaminan kesehatan yang ada di Kota Magelang. Oleh karena itu, ketika ada warga miskin dan tidak mampu kemudian sakit tapi belum memiliki jaminan kesehatan akan langsung didaftarkan JKN KIS Penerima Bantuan Pemerintah Daerah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disnakertrans Bantul Segera Buka Posko Aduan THR

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement