Didemo, Pemilik MU Ingin Diskusi dengan Suporter

Fans Manchester United melakukan demo ingin keluarga Glazer pergi. - BBC
08 Mei 2021 22:27 WIB M. Syahran W. Lubis News Share :

Harianjogja.com, JAKARTACo-chairman Manchester United Joel Glazer berencana berdiskusi untuk pertama kalinya dengan suporter Manchester United sejak keluarganya membeli klub tersebut pada 2005.

Glazer, yang berasal dari Amerika Serikat, telah mengeluarkan tanggapan panjang terhadap empat tuntutan utama yang termasuk dalam surat terbuka oleh kepercayaan pendukung klub pada Jumat pekan lalu dan dinyatakannya kembali setelah protes pada Minggu yang menyebabkan penundaan pertandingan Liga Primer MU versus Liverpool.

Dalam suratnya, Glazer kembali meminta maaf atas perilaku United seputar konsep Liga Super Eropa yang dibatalkan. Dia juga mengakui "perlunya perubahan" dengan cara klub berkonsultasi dengan penggemar.

"Saya ingin meyakinkan Anda bahwa keluarga saya dan saya sendiri sangat peduli tentang Manchester United dan merasakan tanggung jawab yang mendalam untuk melindungi dan meningkatkan kekuatannya untuk jangka panjang, sambil menghormati nilai-nilai dan tradisinya," kata Joel Glazer.

BBC melihat bahwa surat itu merupakan puncak dari diskusi intens di dalam klub sepanjang sepekan terakhir dan telah diberi tahu bahwa ada keyakinan mendalam bahwa keluarga Glazer berkomitmen untuk berubah.

Prioritasnya adalah mengatur pertemuan antara Glazer dan Forum Penggemar segera setelah musim berakhir.

MU akan bertarung melawan Villarreal di final Liga Europa pada 26 Mei dan kemungkinan pertemuan akan diadakan setelah itu.

Rencana empat poin kepercayaan pendukung telah meminta klub untuk mengambil bagian dalam tinjauan pemerintah yang dipimpin penggemar terhadap tata kelola sepak bola dan menunjuk direktur independen untuk dewan.

Dia juga ingin klub bekerja dengan suporter dalam skema berbagi penggemar dan berkonsultasi dengan pemegang tiket musiman tentang perubahan signifikan apa pun di klub.

The Manchester United Supporters Trust (MUST), salah satu badan yang diwakili di Forum Penggemar dan yang mengirim surat awal ke Glazers, mengatakan penilaian akan didasarkan pada tindakan daripada kata-kata. "Kami telah melihat terlalu sering kata-kata kosong sering sebelumnya."

Dalam 16 paragraf suratnya, Glazer mengatakan: "Kami percaya pada prinsip penggemar memiliki saham di klub. Kami sebelumnya telah terlibat dengan MUST tentang kepemilikan saham fan dan kami ingin melanjutkan dan mempercepat diskusi itu.”

Selain itu, dia berkomitmen untuk bekerja dengan mantan Menteri Olahraga Tracy Crouch dalam peninjauan tata kelola sepak bola yang dipimpin oleh penggemar, yang menurut beberapa pengamat akan memberikan jenis perubahan yang dicari oleh banyak pendukung.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia