Di Depan Gibran, DPRD Solo Sanjung Kepemimpinan Zaman Rudy

Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar
29 April 2021 06:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO--Kepemimpinan mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo diapresiasi oleh DPRD setempat.

DPRD Solo memberikan sejumlah rekomendasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Solo Tahun Anggaran 2020, dalam rapat paripurna yang dihadiri Gibran Rakabuming Raka, Rabu (28/4/2021).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, dan dihadiri pula oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. Surat rekomendasi dibacakan Wakil Ketua DPRD Solo, Achmad Sapari.

Rekomendasi diberikan sebagai catatan perbaikan agar kinerja tahun berikutnya bisa lebih baik. Salah satu rekomendasi DPRD Solo yakni tentang penyusunan perencanaan anggaran terutama belanja rutin tiap OPD.

DPRD Solo meminta eksekutif yang dipimpin Gibran harus lebih cermat, menggunakan sumber literasi, tepat, serta cepat. Rekomendasi lain, yakni diperlukannya penjelasan atau keterangan terkait target dan realisasi pencapaian indikator daerah, apakah meningkat atau kah tidak.

Ada juga rekomendasi bidang pekerjaan umum, yaitu optimalisasi peningkatan pengendalian dan pemanfaatan ruang, perencanaan tata ruang, sarana dan prasarana (sarpras) kebinamargaan, serta kurangnya ruang terbuka hijau.

Di hadapan Wali Kota Gibran dan pejabat lain, para wakil rakyat DPRD Solo juga menyampaikan apresiasi mereka atas sederet capaian dan prestasi pada 2020 baik tingkat nasional maupun provinsi. Disebutkan ada 10 penghargaan/prestasi Pemkot Solo pada 2020 untuk tingkat nasional.

5 Penghargaan Tingkat Provinsi
Seperti opini wajar tanpa pengecualian (WTP) ke 10 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD 2019, anugerah pemerintah kota terinovatif peringkat I, serta Innovative Government Award 2020.

Sedangkan di tingkat provinsi ada lima prestasi atau penghargaan yang berhasil didapatkan, seperti Juara I Lomba Inovasi Satlinmas dengan Inovasi Linmas Pariwisata, Juara Utama Kota Anugrah Indeks Daya Saing Daerah Jawa Tengah 2020.

Apresiasi khusus juga diberikan DPRD Solo kepada pasangan Wali Kota-Wawali Solo 2016-2021, FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo. DPRD memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mereka atas kontribusi yang telah diberikan.

BACA JUGA: Tersangka Mafia Karantina Ternyata Pensiunan Disparekraf DKI

“Walau dalam situasi pandemi yang sangat sulit masih melaksanakan komitmennya terhadap kepentingan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dengan alokasi anggaran sangat besar KIS PBI Rp57.370.275.000,” ujar Sapari.

Apresiasi untuk Rudy-Purnomo juga karena komitmen mereka membangun rumah sakit umum daerah di setiap kecamatan. Seperti rencana pembangunan RSUD di Jebres, lebih tepatnya di lahan bekas makam Bong Mojo Jebres.

DPRD Solo berharap program itu bisa dilanjutkan pemimpin baru Solo, Gibran Rakabuming Raka. Pujian juga diberikan DPRD atas kiprah Rudy-Purnomo dengan dibangunnya infrastruktur sekolah, termasuk membayar tunggakan administrasi para siswa.

Diakhiri dengan Manis
Mereka membayar itu menggunakan uang pribadi. Dengan dibayarnya tunggakan administrasi di sekolah membuat anak bisa mendapatkan ijazah mereka. Selama masa pandemi Covid-19 Rudy juga gencar membagikan ponsel untuk para siswa.

“Pengabdian Pak Rudy dan Pak Purnomo diakhiri dengan manis yaitu saat pilkada bisa berlangsung tertib, aman, partisipatif, dan tidak menimbulkan klaster baru Covid-19. Penghargaan setinggi-tingginya untuk Pak Rudy,” papar dia.

Sedangkan Gibran Rakabuming saat diwawancarai Solopos.com menyatakan setiap rekomendasi DPRD Solo menjadi catatan untuk evaluasi ke depan. Ia juga menyatakan siap melanjutkan program positif yang sudah dirintis Rudy-Purnomo.

Salah satunya rencana pembangunan RSUD di setiap kecamatan dan pembangunan rumah singgah dengan kapasitas besar. “Rumah singgah mau kita bikin dengan kapasitas yang lebih gede, soalnya Solo sangat rawan tunawisma,” katanya.

Ihwal apresiasi atau sanjungan DPRD Solo atas kinerja Rudy-Purnomo, Gibran tidak memungkiri kontribusi besar mereka. Bahkan ia menyebut Rudy sebagai salah satu mentor atau guru dia dalam berbagai hal, termasuk di dunia politik.

“Pak Rudy ini prestasinya sudah disebutkan semua, penghargaan untuk Solo seperti apa. Beliau mengawal saya di pilkada sampai selesai. Bagaimana pun beliau termasuk guru dan mentor saya. Sumbangsih untuk Solo luar biasa,” urainya.

Sumber : Solopos.com