Ratu Elizabeth Menangis di Pemakaman Pangeran Philip, Meghan Markle Nonton di TV

Suami Ratu Elizabeth Pangeran Phillip - istimewa
18 April 2021 11:27 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ratu Elizabeth tak kuasa menahan tangis saat berduka sendirian di Kapel St George selama pemakaman suaminya, Pangeran Philip, di Kastil Windsor kemarin waktu setempat.

Yang Mulia tampak sedih dan menundukkan kepalanya dengan hormat saat dia menemani peti mati sang suami tercinta dalam perjalanan terakhirnya.

Putra tertuanya, Pangeran Charles juga terlihat menangis ketika berjalan di belakang peti mati diikuti oleh para bangsawan lain yang kehilangan orang tercinta.

Peti mati Duke of Edinburgh, sebutan untuk Pangeran Philip, ditutupi dengan barang pribadinya seperti pedang, topi angkatan laut serta karangan bunga saat pembawa jenazah dipindahkan ke mobil jenazah Land Rover. Kendaran dirancang khusus dikawal dengan ratusan personel bersenjata.

Ratu tiba saat lagu kebangsaan dinyanyikan dan Royal Bentley yang ditumpanginya berhenti di samping peti mati suaminya tercinta. Dia terlihat berhenti sejenak untuk merenung saat meriam ditembakkan dan lonceng berdentang untuk mengenang sang pangeran.

Yang Mulia Ratu kemudian dibawa ke Kapel St. George bersama seorang wanita sebelum dia duduk sendirian di depan gereja. Dia kemudian berdiri sendiri dan menundukkan kepalanya selama upacara mengheningkan cipta secara nasional seperti dikitip Dailymail.co.uk, Minggu (18/4/2021).

Mengikuti di belakang peti mati adalah iring-iringan para kelurga kerajaan dipimpin oleh anak-anak Pangeran Philip, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Cucu-cucunya, termasuk Pangeran William dan Pangeran Harry berdiri terpisah di antara saudara sepupu mereka, Peter Phillips.

Pangeran William dengan gelar Duke of Cambridge memasuki kapel satu bangku di depan adik laki-lakinya, saat para pelayat masuk ke gedung gotik bersejarah tanpa berkata apa-apa satu sama lain.

Meghan Markle Tak Hadir

Sementara itu, istri Pangeran Harry, Meghan Markle hanya menonton pemakaman Pangeran Philip lewat layar kaca di rumahnya di California, Amerika Serikat (AS).

Hal ini dilakukan setelah dia disarankan oleh dokter untuk tidak bepergian saat hamil, kata sumber yang mengetahui situasi tersebut seperti dikutip CNN.com.

Meghan hanya bisa menyaksikan Harry berjalan di belakang peti mati suami Ratu Elizabeth yang berusia 99 tahun tersebut dari layar kaca.

Pemakaman itu menandai pertama kalinya pangeran bertemu keluarganya sejak pasangan itu melakukan wawancara yang eksplosif kepada Oprah Winfrey di stasiun televisi AS pada Maret.

Dalam wawancara itu, mereka menuduh seorang bangsawan yang tidak disebutkan namanya membuat pernyataan rasis. Meghan juga sempat mengungkapkan bahwa dia merasa ingin bunuh diri dan permintaan bantuan untuk mengatasi masalah yang dihadapinya diabaikan.

Sumber : Dailymail.co.uk, CNN.com, Bisnis.com