Kremasi Lia Eden Tertutup, Wartawan Dilarang Meliput

Lia Eden (Komunitas Salamullah)
12 April 2021 13:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jenazah pimpinan Salamullah, Lia Eden alias Lia Aminuddi dikremasi di Grand Heaven, Pluit, Jakarta Utara, Senin (12/3/2021), hari ini. Proses kremasi digelar tertutup sehingga awak media dilarang meliput.

Salah satu petugas yang ditemui Suara.com--jaringan Harianjogja.com di lokasi mengatakan, pelarangan terhadap wartawan untuk meliput atas permintaaan dari pihak keluarga mendiang Lia Eden.

"Jadi ini bukan peraturan dari kami, tapi ini permintaan dari pihak keluarga bahwa media tidak boleh masuk," kata salah satu petugas saat ditemui Suara.com.

Baca juga: DKI Catat Vaksinasi Lansia Tertinggi se-Indonesia

Diketahui proses kremasi jenazah Lia Eden di Gran Heaven Pluit dilakasanakan sekitar pukul 10.00 WIB. Lantaran tak diberikan izin dari keluarga, awak media yang ada di lokasi dilarang untuk mengambil gambar kondisi gedung tempat Lia Eden dikremasi.

"Kalau ambil gambar atau video jangan di sini," ujar petugas itu kembali.

Kemudian terkait, apakah proses kremasi sudah dilakukan, petugas kemanan kembali enggan berbicara.

"Kami tidak tahu," ujar petugas.


Berdasarkan pantauan Suara.com, sekitar pukul 10.00 WIB tidak ada pengikut Lia Eden yang nampak di sekitaran gedung Grand Heaven, hanya ada beberapa mobil jenazah yang masuk, dan beberap mobil pengunjung keluar masuk.

Dikremasi

Baca Juga:
Tetangga Kenang Lia Eden: Kalau Ada yang Butuh Bantuan, Tinggal Datang

Setelah dinyatakan meninggal, jenazah Lia Eden akan menjalani proses pemakaman dengan cara pembakaran jenazah atau kremasi. Lia Eden dikabarkan sudah wafat sejak Jumat (9/4/2021).

Salah seorang pengikut Lia Eden saat ditemui di tempat berkumpulnya jemaat Salamullah mengatakan pimpinnanya itu sedang disemayamkan di rumah duka Grand Heaven, Heaven Garden Pluit, Jakarta Utara.

"Enggak dibawa ke sini. Disemayamkan di Heaven Garden Pluit," ujarnya, Minggu.

Pengikutnya itu mengatakan rencananya Lia Eden akan dikremasi di Heaven Garden, Pluit, Jakarta Utara. Terkait rencana kremasi itu, jenazah Lia Eden pun tak lagi dibawa ke rumah duka.

Berdasarkan informasi, situs Heaven Garden, heaven.co.id rumah duka itu menyediakan fasilitas kremasi. Saat dikonfirmasi ke layanan pelanggan Heaven Garden, dibenarkan Lia Eden sedang disemayamkan di Grand Heaven.


"Iya benar (Lia Eden disemayamkan di Grand Heaven). Dikremasi besok jam 10.00 WIB," jawab petugas melalui sambungan telpon.

Sumber : suara.com