Advertisement

Pembayaran THR 2021 Bisa Sesuai Kesepakatan Perusahaan dan Pekerja

Sirojul Khafid
Sabtu, 10 April 2021 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Pembayaran THR 2021 Bisa Sesuai Kesepakatan Perusahaan dan Pekerja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Tahun 2021 ini, pemerintah pusat mewajibkan perusahaan membayar THR karyawan secara penuh. Kepala Bidang Kesejahteraan dan Hubungan Industrial Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Jogja, Rihari Wulandari mengaku belum mendapat keluhan atau aduan dari perusahaan di Jogja yang saat ini mencapai 1.400 unit.

Mulai Senin (11/4/2021) mendatang, Rihari dan tim akan melakukan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan. Kesempatan itu sekaligus untuk melihat keadaan perusahaan, terutama sejak pandemi Covid-19 telah berjalan lebihi dari setahun lalu.

Advertisement

Apabila perusahaan belum mampu membayar THR langsung secara penuh, maka bisa melakukan kesepakatan dengan karyawan. Bisa dengan dicicil atau lainnya. “Tidak bisa memaksa [perusahaan] di masa pendemi. Jadi semua ada kearifan lokalnya, tapi tetap harus ada laporan keuangan. Dalam arti selama pandemi seperti apa, sekarang modelnya dari perusahaan di Kota Jogja, mereka transparan,” kata Rihari, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Warganet Ini Bandingkan Kuliner Jogja dan Solo, Katanya Menang Solo Banget

Laporan keuangan perusahaan ini yang nantinya menjadi acuan untuk kesepakatan. Namun tidak semua omzet perusahaan di Jogja menurun akibat pandemi. Beberapa perusahaan justru naik omzetnya dua kali lipat.

“Kayaknya belum ada, kami kan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kena refocusing, untuk penanganan Covid-19 luar biasa anggaran yang terserap ke sana,” kata Rihari terkait ada tidaknya insentif bagi perusahaan selama pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement