Pangeran Philip Sempat Pindah Rumah Sakit sebelum Meninggal Dunia

Suami Ratu Elizabeth Pangeran Phillip - istimewa
09 April 2021 20:57 WIB Rezha Hadyan News Share :

Harianjogja.com,  JAKARTA - Pangeran Philip dikabarkan tutup usia dunia pada Jumat (9/4/2021) pagi waktu Inggris. Sebelumnya, pria bergelar Duke of Edinburgh sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit selama tiga pekan.

Suami dari Ratu Elizabeth II itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 99 tahun di Kastil Windsor, salah satu tempat peristirahatan milik keluarga Kerajaan Inggris. Kastil tersebut digunakan oleh Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II untuk berlindung selama pandemi Covid-19.

Pangeran Philiip sempat dirawat di dua rumah sakit berbeda akibat penyakit jantung dan infeksi yang dideritanya. Tak disebutkan infeksi apa yang dialami, akan tetapi Kerajaan Inggris menegaskan bahwa infeksi tersebut tak terkait dengan Covid-19.

Mengutip AFP, pada 16 Februari 2021, Pangeran Philip dilarikan ke RS King Edward VII, London lantaran merasa tak enak badan. Saat itu, dia terlihat masih bisa berjalan sendiri saat memasuki rumah sakit.

Kemudian pada 1 Maret 2021 Pangeran Philip dipindahkan ke  RS St. Bartholomew menjalani perawatan infeksi dan observasi jantung. Dia dikabarkan menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan di arteri jantungnya.

Sebagai catatan, RS St. Bartholomew merupakan salah satu rumah sakit tertua di Inggris yang kini menjadi rumah sakit spesialis jantung.

Sekitar dua pekan kemudian, tepatnya pada 16 Maret 2021 Pangeran Philip diperbolehkan untuk kembali pulang ke Kastil Windsor.

Sumber : bisnis.com