Advertisement

Bandara Soedirman Purbalingga Layani Penerbangan Komersial

Anitana Widya Puspa
Jum'at, 02 April 2021 - 13:17 WIB
Sunartono
Bandara Soedirman Purbalingga Layani Penerbangan Komersial Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah akan dikembangkan menjadi bandara komersial dan pengembangannya dijadwalkan rampung pada akhir 2019. - Bisnis/Rivki Maulana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga siap untuk melayani penerbangan komersial sesuai dengan target pada 22 April 2021. Adapun, Bandara Jenderal Besar Soedirman dibangun oleh PT Angkasa Pura II sejak 2 tahun lalu dari lahan yang masih berupa tanah greenfield.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan persiapan menjelang pembukaan Bandara Jenderal Besar Soedirman untuk penerbangan komersial berjalan lancar sesuai jadwal.

“Pembangunan sisi udara [airside] Bandara Jenderal Besar Soedirman sudah tuntas 100 persen, di mana juga sudah dilakukan penerbangan dalam rangka proving flight atau uji operasional sebanyak dua kali, pertama proving flight oleh Kementerian Perhubungan pada Januari 2021 dan yang kedua oleh Citilink pada April ini,” jelasnya, Jumat (2/4/2021).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA : Mulai 1 April, Penumpang Pesawat Bisa Tes GeNose di YIA Kulonprogo

Dengan selesainya pembangunan airside, Bandara Jenderal Besar Soedirman dilengkapi dengan runway berdimensi 1.600 meter x 30 meter, apron seluas 69 x 103 meter dan taxiway dengan lebar 15 meter.

“Kami berharap Bandara Jenderal Besar Soedirman nantinya dapat berkontribusi terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata bagi daerah sekitar,” ujar Muhamad Wasid.

Citilink pun telah berhasil melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga pada (1/4/2021).

BACA JUGA : Pembangunan Rel KA Bandara YIA Capai 85,59 Persen

Proses uji coba operasional ini guna memastikan kesiapan dan kelaikan bandar udara untuk dapat dioperasikan, dalam hal ini kaitannya dengan pengoperasian bandara baru.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ini Poin Pembahasan Saat Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement