Advertisement

Mendikbud Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Mulai Hari Ini, Bukan Juli 2021

Mutiara Nabila
Selasa, 30 Maret 2021 - 13:47 WIB
Bhekti Suryani
Mendikbud Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Mulai Hari Ini, Bukan Juli 2021 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu (10/3/2021). - Twitter @Kemdikbud_RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan, bahwa sekolah yang guru dan tenaga pendidik lain sudah divaksinasi bisa mulai menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai hari ini, Selasa (30/3/2021).

“Tidak ada kebijakan PTM mulai Juli, tapi mulai dari SKB 4 Menteri ini diterbitkan hari ini,” tegasnya pada konferensi pers peluncuran Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Pembelajaran Tatap Muka, Selasa (30/3/2021).

Advertisement

Nadiem menyebut, jika para guru dan tenaga pendidik di satu sekolah sudah divaksinasi agar segera menyediakan layanan PTM.

“PTM ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu, tidak perlu cepat-cepat langsung full, tapi kebijakan ini bagi sekolah yang gurunya sudah vaksin bisa segera, dan yang gurunya sudah divaksin sekolahnya segera penuhi daftar periksa. Juli ini targetnya semua sekolah sudah bisa,” ujarnya.

Sejak dibuka pada Januari 2021, baru 22 persen dari seluruh sekolah di Indonesia yang menggelar tatap muka.

Adapun, pada kebijakan SKB 4 Menteri, orangtua tetap berhak menentukan apakah anak boleh kembali belajar di sekolah atau harus melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah.

Oleh karena itu, sekolah harus menerapkan sistem rotasi dan menyediakan baik sistem PJJ dan PTM.

Selanjutnya, bagi 22 persen sekolah yang sudah dibuka, Mendikbud mempersilakan agar tetap dilanjutkan tanpa harus menunggu semua guru divaksinasi.

“Jangan mengira kalau belum divaksinasi harus tutup. Tidak, yang penting tetap diawasi ketat, dan kalau ada indikasi infeksi tutup sekolahnya atau mengikuti kebijakan PPKM,” tegas Nadiem.

Advertisement

Harapannya, dengan berkoordinasi bersama seluruh pihak, vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidikan bisa segera selesai pada akhir Juni, sehingga pada tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang, semua sekolah sudah bisa PTM terbatas, dan untuk melaksakanan itu, semua perlu dimulai dari sekarang.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

PLN Jogja Lakukan Pekerjaan Tanpa Padam

Jogja
| Sabtu, 21 Mei 2022, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gumuk Pasir, Objek Wisata yang Dikunjungi Pemainnya KKN Desa Penari

Wisata
| Selasa, 17 Mei 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement