Advertisement

Megawati Bela Jokowi Soal Isu Jabatan Presiden 3 Periode: Yang Omong Itu yang Kepengin

Rayful Mudassir
Rabu, 24 Maret 2021 - 19:47 WIB
Nina Atmasari
Megawati Bela Jokowi Soal Isu Jabatan Presiden 3 Periode: Yang Omong Itu yang Kepengin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri depan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan depan). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ikut berkomentar terkait isu masa jabatan kepresidenan dari dua periode menjadi tiga periode. Megawati membela Presiden Joko Widodo terkait tuduhan akan mengamandemen UUD 1945 menyangkut masa jabatan kepresidenan tersebut.

“[Jokowi] Berkeinginan katanya berkeinginan 3 periode. Yang omong itu yang kepingin. Suatu saat siapa tahu dia bisa tiga periode," katanya saat meluncurkan buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam' di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Advertisement

Menurutnya, tudingan demikian tak berdasar. Sebab aturan main sudah ada diatur di dalam konstitusi maupun undang-undang. Dan menurutnya, presiden itu tak bisa begitu saja mengubah isi UUD 1945.

Baca juga: Inspektorat DIY: Pengelolaan Aset di Bantul Menyalahi Aturan

"Memang presiden bisa merubah keputusan secara konstitusi? Kan tidak. Kan tidak,” terangnya.

Megawati juga mendorong agar kader-kader PDIP di eksekutif maupun legislatif tak menyia-nyiakan waktunya selama menjabat. Para kader PDIP juga diminta banyak membaca buku sehingga pengetahuannya banyak.

Akan tetapi, buku itu sebaiknya tak hanya dibaca, namun harus dipraktikkan di lapangan. Dengan begitu kader PDIP selalu aktif bekerja di tengfah rakyat.

Baca juga: Jelang Ramadan, Harga Minyak Goreng Merangkak Naik

"Kalian saya minta itu supaya aktif. Seperti Hendy [Wali Kota Semarang]. Kalau mau jadi wali kota, mau apa kamu? Mau cari kekayaan, kekuasaan, ketenaran? Berhenti lah. Paling dua periode selesai, tak ada lagi bisa lebih dari dua periode," ujarnya.

"Tugas kalian utama sebagai kader partai adalah memperjuangkan nasib rakyat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bertanding Malam Ini, Berikut Susunan Pemain dan Head to Head Persik Kediri vs PSS Sleman

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement