Banjir Bandang Terjang Magetan, Ketinggian Air Capai 1,5 Meter

Sejumlah warga di Desa Pojok, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan membersihkan lumpur yang terbawa banjir bandang, Rabu (17/4/2021)./Abdul Jalil - JIBI/Madiunpos.com
17 Maret 2021 15:27 WIB Abdul Jalil News Share :

Harianjogja.com, MAGETAN—Banjir bandang menerjang Desa Pojok, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Selasa (16/3/2021) malam. Belasan rumah diterjang banjir air yang disertai lumpur.

Rabu (17/3/2021) pagi, sejumlah warga beserta petugas dari Polri/TNI dan BPBD terlihat membersihkan lumpur yang ada di jalan maupun rumah. Barang-barang perabotan rumah tangga yang rusak akibat banjir ditaruh di depan rumah.

Kepala Desa Pojok, Dedy Sumedi, mengatakan hujan deras mengguyur desanya pada Selasa mulai 17.40 WIB hingga sekitar 20.30 WIB. Hujan deras itu menyebabkan banjir bandang dan menerjang sekitar 12 rumah.

"Ini banjir bandang. Airnya menerjang cuma sebentar saja, sekitar 30 menitan. Ini airnya kiriman dari atas. Sini memang hujannya sebentar, tapi yang di wilayah atas kan enggak tahu," jelas dia.

Dedy menturkan dari belasan rumah yang diterjang banjir bandang, ada satu rumah yang roboh. Selain itu, sejumlah pagar rumah milik warga juga banyak yang roboh dan tembok rumah warga jebol.

"Korban jiwa tidak ada. Tapi, kalau jumlah kambing yang hanyut terdata ada empat ekor," terang dia.

Ketinggian air bandang yang masuk perkampungan antara satu hingga satu setengah meter. Banjir bandang ini juga membawa lumpur yang ketinggiannya mencapai 50 cm.

"Ini yang paling parah perkampungan yang ada di barat sungai. Ketinggian lumpurnya mencapai 50 cm," kata dia.

Sumber : JIBI/Solopos