Penampakan Asteroid Apophis Sebelum Mendekati Bumi Pekan Ini

Asteroid Aphopis
05 Maret 2021 08:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Asteroid Apophis akan melewati Bumi pekan ini. Pada saat pencitraan, Apophis berada di 17 juta kilometer dari Bumi. Ketika tanggal 6 Maret 2021 jaraknya minimal dari kami, yaitu sekitar 15 juta kilometer, lumayan jauh, jadi tidak ada risiko sama sekali pada bumi.

Anda dapat menyaksikan asteroid lewat pada 6 Maret, berkat Virtual Telescope Project, yang akan menayangkan siaran langsung 24 jam dari Apophis yang lewat dengan aman.

"Sejauh ini asteroid paling terkenal yang berpotensi berbahaya, (99942) Apophis akan memiliki pendekatan yang relatif dekat ke Bumi pada 6 Maret," pernyataan dari proyek Teleskop Virtual. 

Apophis dinamai dewa kejahatan, kegelapan dan kehancuran Mesir Kuno.

Ini lebih besar dari Shard di London dan dampak yang tidak terduga dapat memiliki konsekuensi besar.

Jika asteroid seberat 27 miliar kilogram itu menghantam Bumi, para ilmuwan menghitungnya akan meninggalkan kawah selebar lebih dari satu mil dan kedalaman 518 meter yang mengejutkan.

Namun, yang paling mengkhawatirkan, dampaknya akan setara dengan 880 juta ton TNT yang diledakkan - 65.000 kali lebih kuat dari bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima.

Asteroid itu akan melintas lebih dekat ke Bumi pada tahun 2029, dan akan kembali lebih dekat ke Bumi dalam penerbangannya pada 2068.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia