Advertisement

Vaksin Covid-19 Buatan India Diklaim Manjur 81 Persen

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 04 Maret 2021 - 13:17 WIB
Sunartono
Vaksin Covid-19 Buatan India Diklaim Manjur 81 Persen Virus Corona Rusia - Xinhua/RDIF Rusia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Covaxin, vaksin virus corona baru buatan India, diklaim telah menunjukkan kemanjuran hampir 81% dalam mencegah Covid-19 setelah dosis kedua pada mereka yang tidak terinfeksi sebelumnya. Efektivitas itu dirilis menurut hasil uji coba Fase 3 sementara yang dipublikasikan pada hari Rabu.

Tren kemanjuran sementara ini menempatkan Covaxin setara dengan vaksin pelopor global lainnya, co-developer vaksin desi, Indian Council for Medical Research (ICMR), mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Times of India.

Advertisement

BACA JUGA : 800-an Penerima Vaksin Covid-19 di Malioboro Tidak Hadi

Hasilnya, dievaluasi oleh dewan keamanan dan pemantauan data independen, menunjukkan bahwa vaksin tersebut dapat ditoleransi dengan baik dan efektif melawan SARS-CoV-2 di berbagai kelompok usia dan varian, tambah ICMR.

Covaxin juga menunjukkan imunogenisitas yang signifikan terhadap varian yang muncul dengan cepat, kata ketua dan direktur pelaksana Bharat Biotech Dr Krishna Ella.

Menurut pembuat vaksin yang berbasis di Hyderabad, dimasukkannya adjuvan Algel-IMDG dalam vaksin meningkatkan respons kekebalan sel-T terhadap Covid-19, yang mengarah pada perlindungan jangka panjang.

BACA JUGA : Kapan Warga Umum di DIY Dapat Vaksin Covid-19? Begini 

Angka kemanjuran 80,6% didapatkan setelah 43 kasus Covid-19 dilaporkan di antara 25.800 peserta uji coba Tahap 3. Sementara 36 relawan yang menerima suntikan plasebo terinfeksi Covid-19, hanya tujuh relawan yang menerima dua suntikan Covaxin yang terinfeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement