5 Juta Guru Divaksin Covid-19, Belajar Tatap Muka Diharapkan Mulai Juli 2021

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan Vaksinasi Massal bagi tenaga kesehatan dosis pertama vaksin Covid-19 Sinovac di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). - Antara
24 Februari 2021 13:17 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proses belajar tatap muka di sekolah bisa dimulai pada semester kedua 2021.

Harapan itu disampaikannya saat meninjau langsung proses vaksinasi terhadap guru, tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 70 Jakarta, Rabu (24/2/2021).

“Tenaga pendidik, kependidikan, guru ini kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan,” kata Jokowi.

Presiden memberi target vaksinasi terhadap guru, tenaga pendidik dan kependidikan dapat mencapai 5 juta orang pada Juni 2021. Setelah itu, proses belajar tatap muka diharapkan dapat mulai dilaksanakan pada Juli 2021.

Saat ini proses belajar mengajar di sejumlah provinsi termasuk DKI Jakarta masih dilaksanakan secara virtual atau daring. Kebijakan ini juga didukung oleh pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di wilayah Jawa - Bali.

Sementara itu, saat kunjungan di SMAN 70, Jokowi menyebut proses vaksinasi awal bagi tenaga pendidik di Jakarta berjalan cukup lancar. Setelah DKI Jakarta, Presiden berharap dapat dilanjutkan ke seluruh provinsi

“Kita harapkan nanti setelah Provinsi DKI Jakarta semua provinsi juga melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Kunjungan Presiden Jokowi ke SMAN 70 turut didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adapun, hingga Selasa (23/2/2021), total penerima vaksinasi mencapai 1,26 juta orang dan dosis kedua telah diterima oleh 789.966 orang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia