Advertisement

Lembaga Pemeringkat Universitas Dunia Rilis 10 Kampus Terbaik di Indonesia, Ini Daftarnya

Newswire
Senin, 22 Februari 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Lembaga Pemeringkat Universitas Dunia Rilis 10 Kampus Terbaik di Indonesia, Ini Daftarnya Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Belum lama ini lembaga pemeringkatan universitas dunia 4ICU (4 International College & Universitas) UniRank merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada 2021.

4ICU sendiri adalah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mana penilaiannya diukur dari popularitas website dari perguruan tinggi tersebut

Advertisement

Adapun tiga kriteria pemeringkatan versi 4ICU UniRank yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi yaitu meliputi sebagai berikut.

-Telah terakreditasi oleh lembaga terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara
-Menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana
-Memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Nah, berikut ini 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2021 menurut 4ICU UniRank 2021. Yuk simak baik-baik, barangkali kampus kamu masuk juga.

BACA JUGA: Anggota Dewan Supriyono Sebut Covid-19 cuma Proyek, Pemkab Bantul Angkat Bicara

1. UGM (Universitas Gajah Mada)
Kampus yang berdiri tahun 1949 ini berada di Sleman, Yogyakarta. Menurut 4ICU UniRank, UGM adalah kampus yang sangat besar yang mana jumlah penerimaan mahasiswa baru sekitar 35 ribu hingga 39,9 ribu orang. UGM menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

2. UII (Universitas Indonesia)

Kampus yang berdiri tahun 1950 ini berada di Depok, Jawa Barat. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini sangat besar yang mana jumlah penerimaan mahasiswa mencapai 40 ribu hingga 44,9 ribu orang. UII menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

3. UNDIP (Universitas Diponegoro)

Kampus yang berdiri tahun 1957 ini berada di Semarang, Jawa Tengah. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini sangat besar. Jumlah penerimaan mahasiswanya pun mencapai 35 ribu hingga 39,9 ribu orang. UNDIP menawarkan program studi S1 dan seterusnya.


4. UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

Kampus yang berdiri tahun 1954 ini berada di Bandung, Jawa Barat. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini memiliki jumlah penerimaan mahasiswa mencapai 30 ribu hingga 34,9 ribu orang. UPI menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

5. UNY (Universitas Negeri Yogyakarta)

Kampus yang berdiri pada tahun 1964 ini berada di Sleman, Yogyakarta. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini memiliki jumlah penerimaan mahasiswa mencapai 20 ribu hingga 24,9 ribu orang. menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

6. UB (Universitas Brawijaya)

Kampus yang berdiri tahun 1963 ini berada di Malang, Jawa Timur. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini sangat besar. Diketahui jumlah penerimaan mahasiswa mencapai lebih dari 45 ribu orang. UB menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

7. UNAIR (Universitas Airlangga)

Kampus yang berdiri tahun 1954 ini berada di Surabaya, Jawa Timur. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini sangat besar dengan jumlah penerimaan mahasiswa mencapai 30 ribu hingga 34,9 ribu orang. UNAIR menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

8. UNS (Universitas Sebelas Maret)

Kampus yang berdiri tahun 1976 ini berada di Surakarta, Jawa Tengah. Menurut 4ICU UniRank, kampus ini sangat besar yang memiliki jumlah penerimaan mahasiswa baru mencapai 30 ribu hingga 34,9 ribu orang. UNS menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

9. IPB (Institut Pertanian Bogor)

Kampus yang berdiri tahun 1963 ini berada di Bogor, Jawa Barat. Menurut 4ICU UniRank, kampus besar ini memiliki jumlah penerimaan mahasiswa mencapai 10 ribu hingga 14,9 ribu orang. IPB menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

10. UNILA (Universitas Lampung)

Kampus yang berdiri tahun 1964 ini berada di Bandar Lampung. Menurut 4ICU UniRank, kampus besar ini memiliki jumlah penerimaan mahasiswa mencapai 25 ribu hingga 29,9 ribu orang. UNILA menawarkan program studi S1 dan seterusnya.

Nah, itulah daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2021 menurut 4ICU UniRank. Bagaimana, apakah ada kampus kamu juga?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement