Hasil Survei: 30% Masyarakat Tak Takut Tertular Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
22 Februari 2021 20:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Sebuah survei baru-baru ini dilakukan untuk melihat persepsi masyarakat tentang Covid-19.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda Indonesia. Dari survei itu terungkap, hampir 30 persen masyarakat tidak takut tertular Corona dan 46% percaya dengan vaksin Covid-19.

"Jadi mungkin ini menjadi satu tantangan bagi pemerintah dalam mengomunikasikan bahaya dari virus corona," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam rilis surveinya, Senin (22/2/2021). "Sekitar 43 persen yang tampak serius sekali dengan bahaya itu, selalu takut atau sering tertular," imbuhnya.

Bicara masalah pandemi Covid-19 juga dihubungkan LSI dengan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. Dari temuan di lapangan, Djayadi menyebutkan, 93 persen masyarakat tahu tentang program vaksinasi yang sudah dimulai pemerintah.

BACA JUGA: Anggotanya Sebut Covid-19 cuma Proyek, Pimpinan DPRD Bantul Ikut Kesal dengan Ulah Supriyono

Tapi menariknya, masyarakat yang percaya bahwa vaksin bisa menyelesaikan atau memberikan kekebalan kepada mereka agar tidak tertular virus hanya 46 persen. Sementara 42 persen lainnya menyatakan tidak percaya.

"Jadi ini juga tantangan terutama kaitannya dengan komunikasi dan transparansi terhadap bagaimana program vaksinasi ini dilakukan," tuturnya.

Survei dilakukan di 11 provinsi dengan total 2.300 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka. Survei dilakukan 25-31 Januari 2021 dengan margin of error 2,9 persen.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Survei LSI : 30% Masyarakat Tak Takut Covid-19, 46% Percaya Vaksin"

Sumber : Okezone.com