Advertisement

BPOM Segera Terbitkan Izin Darurat Vaksin AstraZeneca

Nindya Aldila
Selasa, 16 Februari 2021 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
BPOM Segera Terbitkan Izin Darurat Vaksin AstraZeneca Botol dengan stiker bertuliskan, "Covid-19 / vaksin Coronavirus / Injeksi" dan jarum suntik medis terlihat di depan logo AstraZeneca yang ditampilkan dalam ilustrasi (31/10/2020). - Antara/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca seiring dengan validasi dari WHO.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan pihaknya masih menunggu data dari WHO untuk digunakan menjadi bahan evaluasi vaksin buatan AstraZeneca - Oxford University ini.

Advertisement

“Kami memberikan janji kinerja 5-10 hari akan diterbitkan EUA secepatnya setelah kami menerima data dossier dari WHO, sehingga produk vaksin melalui multilateral bisa segera masuk ke Indonesia,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (16/2/2021).

Penny menjelaskan, setiap otoritas obat di negara-negara bertugas menerbitkan EUA sesudah mendapat izin dari WHO dan sebelum dapat digunakan oleh masyarakat.

“Nanti kami akan memonitor distribusinya. Kami membutuhkan data-data yang terkait dengan dossier-nya, aspek mutu, kualitas dan khasiatnya,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use) bagi vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca Plc untuk mempercepat program vaksin di negara berkembang.

Vaksin yang divalidasi oleh WHO adalah dua versi vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh SK Bioscience Co. (Korea Selatan) dan Serum Institute of India.

Izin ini dibutuhkan untuk memastikan keamanan dan khasiat vaksin lewat jalur COVAX yang diberikan gratis kepada negara partisipan yang mungkin tidak memiliki fasilitas untuk melakukan pengujian secara mandiri.

Kelompok Penasihat Strategis WHO tentang Imunisasi mengeluarkan izin sehingga vaksin dapat diberikan kepada orang dewasa di atas 18 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement