Menhub Budi Minta Pilot Cermati Informasi Cuaca BMKG

Ilustrasi pilot. Pilot dan kru pesawat memberi penghormatan terakhir kepada pesawat Garuda Boeing 747-400 di Hanggar 4 GMF Aero Asia, Tangerang, Banten, Senin (9/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
03 Februari 2021 14:57 WIB Rahmi Yati News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan semua operator transportasi baik darat, laut, maupun udara untuk senantiasa waspada terkait cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG bakal terjadi hingga April 2021.

Dia mengingatkan seluruh moda transportasi agar terus memantau kondisi cuaca dan informasi yang disampaikan BMKG. Para stakeholder terkait dan operator transportasi, khususnya udara diminta untuk mengadakan diskusi terkait perkiraan cuaca tersebut sehingga bisa dijadikan acuan untuk menetapkan keberangkatan.

"Kita tahu di udara, pilot harus tahu bagaimana informasi BMKG dan menyesuaikan flight plan yang dilakukan," ujarnya dalam Webinar bertajuk Waspada Cuaca Ekstrem di Sektor Transportasi, Selasa (2/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Budi menilai bahwa Garuda Indonesia sudah melakukan suatu standar operasional prosedur (SOP) yang baik. Ramalan cuaca diolah oleh orang yang kompeten, sehingga pilot menerima data-data itu dengan baik pula.

"Jadi, mereka [pilot] tahu persis apa yang akan terjadi nanti di sepanjang perjalanan," jelasnya.

Sebelumnya, Budi menyebut cuaca merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam keselamatan dan keamanan transportasi, baik darat, laut, udara, maupun kereta api.

Dalam rangka antisipasi kemungkinan cuaca ekstrem tersebut, Menhub mengajak seluruh stakeholder bersama-sama mendukung upaya mitigasi dengan bepedoman kepada ramalan cuaca dari BMKG sehingga keadaan cuaca tidak mempengaruhi operasional transportasi.

Tugas Kemenhub lanjutnya, adalah untuk memastikan kebijakan agar keselamatan transportasi dilakukan. Salah satunya dengan melakukan bimbingan teknis.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia