Positif Covid Capai 1 Juta Kasus, Indonesia Disorot Media Asing

Presiden Joko Widodo (kiri) disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO - Setpres/Agus Suparto
27 Januari 2021 15:57 WIB Rika Anggraeni News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 1 juta pada Selasa (26/1/2021). Dilansir dari laman resmi Covid19.go.id pada 26 Januari 2021, tercatat ada 1.012.350 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Melihat lonjakan kasus yang terus meningkat, beberapa media asing turut menyoroti penyebaran virus corona di Tanah Air. Berikut ulasan singkat beberapa media asing terhadap kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia:

1. The Straight Times (Singapura)

The Straits Times memberitakan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia dengan judul "Covid-19 cases surge to 1m in Indonesia, stressing hospitals". Media Singapura itu mengabarkan bahwa rumah sakit-rumah sakit di Indonesia kewalahan dengan lonjakan kasus infeksi Covid-19.

BACA JUGA : Covid-19 Tembus 1 Juta Kasus, Menkes: Saatnya Kita

The Straits Times juga memberitakan kisah pasien yang mencari pertolongan medis, tetapi tidak tertangani karena rumah sakit yang sudah kewalahan oleh masuknya pasien Covid-19 dalam jumlah besar.

"Bahkan ketika telah memberlakukan pembatasan yang lebih ketat di seluruh Jawa, pulau terpadat di negara itu, dan Bali sejak 11 Januari. Ahli epidemiologi mengkhawatirkan potensi runtuhnya sistem perawatan kesehatannya," ungkap The Straits Times.

Artikel lengkap The Straight Times: https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/indonesia-set-to-pass-1-million-coronavirus-cases-as-vaccinations-roll-out


2. ABC (Australia)
Tak hanya The Straits Times, media Australia ABC turut memberitakan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia dengan judul "Indonesia hits 1 million coronavirus cases as health experts criticise Government's response".

Media Australia itu menyorot pakar kesehatan yang mengkritik tanggapan pemerintahan tentang Covid-19. ABC memberitakan pakar kesehatan dalam negeri mengkritik kurangnya transparansi data di Indonesia sejak awal pandemi.

BACA JUGA : Kasus Covid-19 di Indonesia Nyaris 1 Juta

"Dan dengan kapasitas tempat tidur rumah sakit yang mendekati kapasitas di kota-kota yang terkena dampak paling parah seperti Jakarta dan Yogyakarta, para profesional kesehatan khawatir jumlah kasus dan kematian akan terus bertambah," kata Australia ABC.

Sama seperti media The Straits News, ABC juga memberitakan kisah pasien yang terinfeksi virus corona.

Artikel lengkap ABC Australia: https://www.abc.net.au/news/2021-01-26/indonesia-coronavirus-covid-19-cases-hit-1-million/13091968

3. Bangkok Post (Thailand)
Ada pula media Bangkok Post turut memberitakan kasus virus Corona Indonesia yang melewati angka 1 juta kasus positif. Media yang berbasis di Bangkok dengan judul "Grim milestone for Indonesia as coronavirus cases pass 1m".

Bangkok News memaparkan Indonesia dengan negara terpadat keempat di dunia menjadi tonggak sejarah yang suram bagi negara Asia Tenggara dalam mengendalikan Covid-19. Media itu mencatat lonjakan kasus di Indonesia dengan peningkatan harian rata-rata berjalan di atas 11.000 selama lebih dari seminggu.

"Angka tersebut termasuk yang tertinggi di Asia dan hampir dua kali lipat jumlah penularan seperti tetangganya Filipina, yang hingga Oktober melaporkan lebih banyak kasus dibandingkan Indonesia," ungkap Bangkok Post.

Sementara itu, Bangkok Post juga memberitakan bahwa pakar kesehatan meyakini penyebaran virus yang sebenarnya di Indonesia bisa tiga kali lebih tinggi.  Diberitakan pula, pemerintah Indonesia telah dikritik karena tingkat pengujian dan penelusuran yang rendah, dan untuk memfokuskan vaksin dengan mengorbankan protokol kesehatan yang lebih baik, yang tidak seketat di kebanyakan negara.

"Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan perbaikan akan dilakukan dalam penanggulangan virus dan mendesak masyarakat untuk mengikuti peraturan," tulis Bangkok Post.

Artikel lengkap Bangkok Posthttps://www.bangkokpost.com/world/2057503/grim-milestone-for-indonesia-as-coronavirus-cases-pass-1m 

4. Evening Express (Skotlandia)

Sementara itu, media Evening Express yang menyorot infeksi virus corona di Indonesia karena rumah sakit di beberapa daerah yang terkena dampak parah. Media yang berbasis di Aberdeen, Skotlandia itu memberitakan dengan judul "Number of confirmed coronavirus cases in Indonesia passes one million".

Menurut Evening Express, pemerintah Indonesia telah meluncurkan kampanye besar-besaran untuk menyuntik dua pertiga dari 270 juta penduduk negara itu. Presiden Joko Widodo menerima suntikan pertama vaksin buatan China.

BACA JUGA : Kasus Covid Tembus 1 Juta, Menkes: Saatnya Berduka

Selain itu, media asal Skotlandia tersebut juga memberitakan Indonesia akan membutuhkan hampir 425 juta dosis dengan mempertimbangkan perkiraan 15 persen dosis mungkin terbuang percuma selama proses distribusi. Media itu juga menyoroti Jakarta yang terus menjadi kota paling terpukul di Indonesia, lantaran mengonfirmasi lebih dari 254.000 kasus positif dan 4.077 kematian.

"Hanya 8,5 persen dari total 8.066 tempat tidur rumah sakit di kota yang tersisa untuk pasien baru pada hari Selasa, sementara tempat tidur dengan ventilator terisi," ungkap Evening Express.

Artikel lengkap Evening Express: https://www.eveningexpress.co.uk/news/world/number-of-confirmed-coronavirus-cases-in-indonesia-passes-one-million/

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia