Menag Sebut 13.000 Lebih Madrasah di Area Blank Spot

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Setpres RI
19 Januari 2021 10:37 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap ada lebih 13.000 madrasah yang berada di area blank spot tidak terjangkau sinyal provider, sehingga menyulitkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Fakta itu diungkap pria yang juga Ketua Gerakan Pemuda Ansor ini pada pada rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Senin (19/1/2021).

Temuan tersebut berdasarkan klarifikasi dan investigasi tim Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. "Kami memiliki catatan, klarifikasi, serta investigasi di lapangan. Ada sejumlah 13.790 madrasah yang berada pada wilayah blank spot," katanya seperti dikutip dari keterangan pers, Senin (18/1/2021).

BACA JUGA : Penanganan 5 Lokasi Blankspot & 10 Titik Wifi Gagal

"Jadi mau diisi pulsa berapa pun tidak bisa dipakai. Jadi memang ini tidak ketidaktersediaan infrastruktur, saya kira menjadi faktor persoalan," imbuhnya.

Menag juga mengungkap masih ada madrasah yang berada di kawasan yang tidak mendapat aliran listrik. Setidaknya, dikatakan Yaqut, ada sekitar 11.998 madrasah yang tidak mendapat aliran listrik.

"Kemudian 11.998 madrasah yang tidak ada atau belum teraliri listrik. Ini Indonesia di tahun 2021," ucapnya.

Menteri Agama telah melakukan komunikasi dengan pihak terkait seperti perusahaan provider telekomunikasi hingga penyedia layanan listrik.

BACA JUGA : Hanya Bisa Diakses Online, Kartu Prakerja Kurang

Ia bersama jajarannya juga terus berupaya mencari solusi alternatif untuk tetap memberikan pelayanan pendidikan bagi seluruh siswa madrasah di seluruh Indonesia.

"Kendala ini menjadi catatan kami, dan terus kamu upayakan agar dapat segera teratasi."

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia