Advertisement

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Muncul Efek Samping Vaksin Covid-19

Desyinta Nuraini
Jum'at, 15 Januari 2021 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Ini yang Harus Dilakukan Ketika Muncul Efek Samping Vaksin Covid-19 Kemasan vaksin Covid-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). ANTARA FOTO - M Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap vaksin memiliki efek samping, tak terkecuali vaksin Covid-19.

Efek samping tersebut merupakan tanda normal tubuh Anda sedang membangun perlindungan. Kemungkinan ini akan menganggu aktivitas Anda, tetapi akan hilang dalam beberapa hari.

Advertisement

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) efek samping yang umum terdapat di lengan tempat Anda mendapat suntikan. Akan muncul rasa sakit atau pembengkakan. Anda juga bisa merasakan demam, panas dingin, kelelahan, dan sakit kepala.

"Jika mengalami nyeri atau ketidaknyamanan, sebaiknya dibicarakan dengan dokter tentang penggunaan obat yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen," tulis CDC dikutip Bisnis, Kamis (14/1/2021).

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat Anda mendapat suntikan, CDC menyarankan agar mengoleskan waslap bersih, dingin, dan basah ke area tersebut. Juga, gunakan atau latih lengan Anda.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam sebaiknya minum banyak cairan dan memakai pakaian yang tipis.

Dalam kebanyakan kasus, ketidaknyamanan akibat demam atau nyeri adalah normal. Namun jika kemerahan atau nyeri di tempat mendapat suntikan meningkat setelah 24 jam dan muncul efek samping yang lebih parah atau tidak kunjung hilang, sebaiknya segera menghubungi dokter.

Di samping itu, Plpenting bagi semua orang untuk terus menerapkan protokol kesehatan untuk membantu menghentikan pandemi ini seiring para ahli mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja vaksin Covid-19.

"Tutupi mulut dan hidung Anda dengan masker saat berada di sekitar orang lain, jauhi setidaknya 6 kaki dari orang lain, hindari keramaian, dan sering-seringlah mencuci tangan," imbau CDC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Budayawan di Jogja Dilibatkan Pembuatan Maskot Pilkada 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement