Advertisement

Update Basarnas soal Pencarian Sriwijaya Air SJ-182

Newswire
Senin, 11 Januari 2021 - 06:07 WIB
Sunartono
Update Basarnas soal Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Prajurit Kopaska TNI AL berdiri di dekat kantong berisi jenazah dan serpihan dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang dievakuasi ke atas KRI Rigel-933 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1/2021)./Antara - Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABadan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyampaikan hasil pencarian hasil pencarian pesawat dan penumpang Sriwijaya Air SJ-182 pada Minggu, (10/1/2021).

Kepala Basarnas Bagus Puruhito mengatakan pencarian itu dilakukan oleh Basarnas, TNI, Polri dan petugas dari instansi-instansi lainnya. Hingga pukul 19.20, operasi gabungan berhasil menemukan sejumlah puing pesawat dan bagian tubuh dari jenazah.

Advertisement

"Sepuluh kantong jenazah yang berisi bagian dari korban, dan lima potong pakaian," kata Bagus di Jakarta International Container Terminal atau JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

BACA JUGA : Sinyal Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan

Bagus melanjutkan, petugas juga telah menemukan serpihan pesawat yang dibungkus dalam 10 kantong. Selanjutnya, 16 potongan besar dari pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta-Pontianak itu juga ditemukan.

"Dalam pelaksanaan operasi SAR hari ini juga, KRI Rigel berhasil mendeteksi adanya dua pinger yang diyakini adalah black box," kata Bagus.

Sementara itu, Koordinator Misi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Rasman mengatakan upaya pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akan dilakukan selama 24 jam. Kapal-kapal dan personel masih berada di tengah laut hingga malam ini untuk melakukan pencarian.

"Hanya mungkin yang dibatasi itu penyelaman di bawah air, dengan kondisi gelap, saya pikir tidak efektif untuk melakukan pencarian di malam hari," kata Rasman.

Rasman mengatakan kapal yang memiliki kemampuan sonar untuk mendeteksi bawah laut hingga saat ini masih beraktivitas. Walau begitu, Rasman mengatakan petugas di lapangan juga akan menyesuaikan kondisi alam.

BACA JUGA : Sebelum Jatuh, Sriwijaya PK-CLC Telah Menempuh 4 Rute

"Mudah-mudahan H+3 besok Senin, kami bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin," kata dia.

Rasman mengatakan total ada 100 kapal baik skala besar maupun kecil yang dioperasikan dalam pencarian Sriwijaya SJ-182 ini. Sedangkan jumlah orang yang mendaftarkan diri untuk membantu proses evakuasi ini mencapai 2.123.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kapolda DIY Beri Penghargaan Personel Peraih Medali Kerjurnas Taekwondo Kapolri Cup 2024

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement