Total Vaksin Covid-19 yang Dibutuhkan Indonesia untuk Membentuk Kekebalan Kelompok

Ilustrasi vaksin Covid/19.
30 Desember 2020 07:47 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kebutuhan dosis vaksin covid-19 di Indonesia jika ingin menerapkan herd immunity atau kekebalan kelompok  mencapai hampir dua kali lipat jumlah penduduk Indonesia. 

Dalam konferensi pers virtualnya, Budi mengatakan dari total 269 juta penduduk di Indonesia, maka jika mengejar herd immunity usia di atas 18 tahun, ada 188 juta orang yang harus divaksinasi covid-19.

Angka tersebut, jika disaring berdasarkan golongan orang yang tidak masuk program vaksin seperti mereka yang yang memiliki komorbid, dan mereka yang pernah kena covid-19 positif serta ibu-ibu hamil, maka jumlah yang masuk ekslusi 181 juta orang.

Mempertimbangkan hal itu, katanya, dengan perhitungan 1 orang membutuhkan 2 dosis vaksin, dan panduan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dimana harus ada 15 persen cadangan, total vaksin covid-19 yang dibutuhkan di Indonesia menjadi sebanyak 426 juta dosis.

"Total yang dibutuhkan ada 426 juta vaksin, karena itu kami menyiapkan 5 jalur masuk vaksin ke tanah air," ujarnya dalam konferensi pers tersebut.

Dia mengatakan angka itu adalah jumlah yang sangat besar dan pemerintah sudah berusaha keras memastikan jumlah ketersediaannya.

Sumber : Bisnis.com