Siap-Siap, Ada Rekayasa Lalu Lintas di 6 Titik Rawan Macet di Magelang

Kasatlantas Polres Magelang selaku Kepala Satuan Tugas Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), AKP Fandi Setiawan memaparkan tentang rekayasa lalu lintas. - Ist/dok Polres Magelang
21 Desember 2020 09:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Pada libur akhir tahun, Kepolisian Resor (Polres) Magelang akan melaksanakan Operasi Lilin Candi 2020. Ada rekayasa lalu lintas pada enam titik rawan kemacetan di wilayah ini.

Kasatlantas Polres Magelang selaku Kepala Satuan Tugas Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), AKP Fandi Setiawan menyebutkan enam titik rawan kemacetan tersebut meliputi  Simpang Tiga Secang, Simpang Tiga Artos, Simpang Tiga Palbapang, Simpang Tiga Semen Salam, Simpang Tiga Borobudur dan Simpang Tiga Pakelàn.

"Ada enam titik rawan yang akan kami lakukan rekayasa lalu lintas. Bila hal itu diperlukan, kami melihat situasi di lapangan nanti," ujar Fandi, Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Sebelas Daerah Ini Belum Punya Pemenang Pilkada 2020, loh Kok Bisa?

Ia menambahkan pada Operasi Lilin Candi 2020 tidak ada penindakan tilang. Meski demikian, ia berharap masyarakat tetap menjaga ketertiban berlalu lintas guna mengindari terjadinya laka lantas.

"Tidak adanya penindakan tentu akan berpotensi meningkatnya Laka Lantas,” katanya.

Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian dalam arahannya menyampaikan kepada para Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) untuk menyiapkan teknik dan taktis pelaksanaan operasi sehingga kegiatan Natal 2020 dan tahun baru 2021 berjalan aman dan nyaman.

"Saya minta kepada para Kasatgas untuk benar- benar mempersiapkan Operasi Kemanusiaan ini dengan matang, teknik dan taktis. Silakan dipersiapkan dan disesuaikan dengan standar operasional prosedur (SOP)," ujarnya.

Baca juga: Polisi Tetapkan 7 Simpatisan Rizieq Shihab Jadi Tersangka Aksi 1812

Ia memintaagar Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan dipastikan siap operasional sebelum hari H Operasi berjalan ( 21/12), termasuk fasilitas protokol kesehatan Covid-19.

Sementara , Kabagops Polres Magelang Kompol Maryadi, mengatakan bahwa personel dan sarana prasarana sudah siap setelah gelar pasukan akan langsung dilaksanakan patroli skala besar gabung TNI Polri dan Instansi terkait.

"Kami sudah siapkan personel dan sarana prasaran sesuai rencana operasi, setelah gelar pasukan langsung kegiatan patroli skala besar gabungan TNI Polri dan instansi terkait di antaranya Satpol PP, Dinas Perhuhungan dan Dinas Kesehatan," kata Kabagops Kompol Maryadi.

Ia menambahkan pengamanan gereja dan objek vital akan diperketat. Sementara masyarakat diminta untuk tidak melakukan perayaan menjelang , saat dan sesudah pergantian tahun baru.