Advertisement

Tanggapi Vaksinasi Gratis, DPR: Sudah Tepat

Edi Suwiknyo
Jum'at, 18 Desember 2020 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tanggapi Vaksinasi Gratis, DPR: Sudah Tepat Petisi online meminta pemerintah memberikan vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat. - Sumber: Change.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Keputusan Presiden Joko Widodo yang menanggung biaya vaksin Covid- 19 bagi masyarakat mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin. 

Dia menilai langkah tersebut sudah tepat dan sesuai dengan amanat konstitusi dalam hal jaminan kesehatan masyarakat.

“Keputusan Presiden Jokowi sudah tepat dan sesuai amanat konstitusi,” kata Azis dikutip dari laman resmi DPR, Kamis (17/12/2020).

Advertisement

Adapun, enyikapi rencana teknis vaksinasi nasional, politisi Partai Golkar ini menjelaskan bahwa banyak negara yang akan memulai vaksinasi per Januari-Febuari 2021, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, India hingga Singapura. Sehingga terlepas dari perdebatan publik, vaksinasi sudah menjadi keputusan logis untuk diterapkan. 

Menurutnya vaksinasi merupakan keputusan logis yang diterapkan  di masa kini, sekalipun terkesan tergesa-gesa. Hal itu perlu dilakukan karena memang situasi emergency (daruat).

"Dan negara memiliki konsekuensi logis untuk bertanggung jawab agar proses ini bisa berjalan dengan baik, adil dan merata. Ini sangat penting untuk di pahami” tandas Azis.

Azis berharap ketersediaan vaksin dalam waktu dekat secara bertahap dapat tersedia bagi seluruh elemen masyarakat. 

Untuk ini, dia meminta kementerian dan lembaga terkait dapat mengedukasi masyarakat secara transparan. Dia juga mendesak diplomasi vaksin makin ditingkatkan dalam menjamin ketersediaan vaksin.

 “Setiap kesempatan  harus dimanfaatkan untuk stok vaksin untuk keperluan dalam negri, tentu dengan pertimbangan ilmiah. India, Amerika dan China memiliki kemampuan produksi vaksin terbesar, maka diplomasi vaksin perlu lebih ditingkatkan lagi,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement