Danrem Pamungkas Cek Pemungutan Suara di 3 TPS Pilkada Kota Magelang

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan meninjau pelaksanaan tahapan pemungutan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang periode 2020 - 2024, Rabu (9/12/2020). - Ist/dok
09 Desember 2020 19:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) menjadi perhatian hampir semua pihak, termasuk TNI. Karenanya, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan ikut meninjau pelaksanaan tahapan pemungutan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang periode 2020 - 2024, Rabu (9/12/2020).

Sebelum mulai peninjauan iniDanrem yang didampingi oleh Kasiops dan Kasipers Rem 072/Pamungkas tiba di Makodim 0705/Magelang disambut oleh Dandim Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto dan Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ary Setyawan.

TPS 06 Kelurahan Gelangang Kecamatan Magelang Tengah menjadi TPS pertama yang menjadi sasaran peninjauan pelaksanaan pemungutan suara. Di TPS tersebut Danrem sempat berdialog dengan Babinsa Gelangan Serda Solikin. “Di TPS ini sudah banyak pemilih yang sudah hadir menggunakan hak pilihnya,” jelas Solikin.

Baca juga: Aziz-Mansyur Klaim Menangi Pilkada Kota Magelang 59%

Senjutnya Danrem beserta rombongan meninggalkan TPS 06 Gelangan menuju ke TPS 05 yang berada di Kampung Kriyan Kelurahan Potrobangsan Magelang Utara.

Di TPS Kriyan, Danrem berdialog dengan salah satu peninjau dari kalangan independen. Di Kriyan, Danrem tidak asing lagi, karena Kriyan merupakan kampung halaman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan. Tidak lama berselang, rombongan meninggalkan TPS 05 Kriyan menuju TPS 14 Dumpoh.

TPS terakhir yakni TPS 14 Dumpoh. Danrem yang disambut oleh Ketua KPPS dan Lurah Potrobangsan berharap agar pelaksanaan pilkada bisa berlangsung dengan lancar jujur dan adil. “Kami berharap pemilih bisa menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing – masing,” katanya.

Baca juga: Tak Terduga! Golput Menang di TPS Bobby Nasution, Menantu Jokowi

Selain meninjau kondisi kamtibmas, Danrem juga memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam Pilkada tersebut. Pelaksanaan Pilkada menggunakan protokol kesehatan karena masih di dalam Pandemi Covid-19.

Sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan di TPS yakni pemilih wajib mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. Semua fasilitas protokol kesehatan ini harus disediakan di TPS.

“Kami juga berharap setelah pelaksanaan pemungutan suara tidak ada warga atau petugas yang terpapar covid 19,” kata Danrem.

Pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang yang diikuti oleh dua pasangan calon yakni  pasangan Azis – Mansyur nomor urut satu yang bersaing dengan Aji Setyawan - Windarti Agustina di nomor urut dua.