Personel Kodim Magelang Berhasil Kumpulkan 57 Kantong Darah

Kegiatan donor darah di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Senin (07/12/2020). - Ist/dok
07 Desember 2020 22:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG - Puluhan personel jajaran Kodim 0705/Magelang berhasil mengumpulkan 57 kantung darah dalam kegiatan donor darah di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Senin (07/12/2020). Pelaksanaan donor darah tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan.

Peserta donor darah yang digelar  dalam rangka Hari Juang TNI AD tersebut awalnya sebanyak 92 orang. Namun, jumlah memenuhi syarat donor darah hanya 57 orang.  Rinciannya, golongan darah A  Sembilan kantung,  AB ( 6), B ( 19) dan O (23).

Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Czi Anto Indriyanto, S.Sos, M.M menjelaskan kegiatan donor darah bagi para prajurit dan PNS Kodim 0705/Magelang adalah rangkaian kegiatan sosial dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2020.

Baca juga: Ada Rumah Harganya Rp495 Miliar, Warganet: Ngisi Token Listrik Pakai UMR Jogja 15 Menit Langsung Habis

Dandim berharap agar setetes darah prajurit Kodim Magelang nantinya akan bermanfaat bagi yang membutuhkan.  "Semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat dan membantu PMI Kota Magelang dalam penyediaan stok darah" ujar Dandim.

Pelaksanaan Donor darah kali ini bekerja sama dengan PMI Kota Magelang. dr. Bramantyo Angga Kesuma, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Magelang yang turut hadir di Makodim Magelang mengatakan PMI Kota Magelang mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terlaksananya donor darah.

Menurut Bramantyo di masa pandemi seperti ini jumlah pendonor relatif turun, sedangkan kebutuhan stok tetap bahkan meningkat. Dan saat ini stok darah di PMI Kota Magelang sudah semakin menipis. "Kami sangat terbantu dengan donor darah di Kodim Magelang ini," katanya.

dr. Bram berharap kegiatan donor darah bisa dilaksanakan secara berkelanjutan agar bisa membantu stok darah PMI.