Advertisement

75% Perawat yang Meninggal akibat Covid-19 Bertugas di Kamar Rawat Inap

Zufrizal
Minggu, 06 Desember 2020 - 04:37 WIB
Budi Cahyana
75% Perawat yang Meninggal akibat Covid-19 Bertugas di Kamar Rawat Inap Para perawat medis di RSUD Cengkareng yang mengguakan Alat Pelindung Diri (APD). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Persatuan Perawat Nasional Indonesia menjelaskan sekitar 75% perawat yang meninggal dunia akibat Covid-19 umumnya bertugas di kamar rawat inap.

Harif Fadhilah, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), mengungkapkan kemungkinan perawat tertular dari pasien sebelum hasil swab pasien keluar dari laboratorium atau orang tanpa gejala (OTG).

Advertisement

“Kami menyadari bahwa para tenaga kesehatan dari berbagai divisi sudah kewalahan menangani lonjakan pasien Covid dan hasil swab yang harus diperiksa,” ujarnya melalui siaran pers PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sabtu (5/12/2020).

Oleh karena itu, kata Harif, pihaknya berharap dukungan pemerintah dan pengelola fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kualitas perlengkapan pemeriksaan kesehatan sehingga bisa diperoleh hasil yang lebih cepat untuk mengurangi angka penularan di fasilitas kesehatan, termasuk pemeriksaan rutin untuk para tenaga kesehatan.

Sebelumnya, Tim Mitigasi IDI mengumumkan pembaruan data tenaga medis yang wafat akibat Covid-19 per 5 Desember 2020.

Dari Maret 2020 hingga Desember ini, terdapat 342 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi Covid, yang terdiri atas 192 dokter dan 14 dokter gigi, dan 136 perawat.

Para dokter yang wafat tersebut terdiri atas 101 dokter umum (4 guru besar), dan 89 dokter spesialis (7 guru besar), serta 2 residen yang keseluruhannya berasal dari 24 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah (provinsi) dan 85 IDI cabang (kota/kabupaten).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement