Advertisement

Kisah Keris Kiai Nogo Siluman Milik Pangeran Diponegoro yang Menghilang Ratusan Tahun di Belanda

Rezha Hadyan
Selasa, 24 November 2020 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Kisah Keris Kiai Nogo Siluman Milik Pangeran Diponegoro yang Menghilang Ratusan Tahun di Belanda Keris Pangeran Diponegoro sudah berada di Indonesia sejak Maret 2020. - ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Keris Kanjeng Kiai Nogo Siluman adalah keris milik Pangeran Diponegoro. Keris Kanjeng Kiai Nogo Siluman terbuat dari besi hitam dan memiliki sebelas luk, gandiknya berbentuk kepala naga, dan terdapat badan naga memanjang mengikuti bilah. Warangka keris berbentuk Ladrang atau branggah.

Keris tersebut selalu dibawa Pangeran Diponegoro ketika berperang melawan Belanda pada 1825-1830.

Advertisement

Keris tersebut dibawa ke Belanda oleh Kolonel Jan-Baptist Cleerens yang tak lain adalah komandan pasukan Belanda dalam perang Jawa setelah perang tersebut berakhir. Keris ini kemudian dihadiahkan kepada Raja Wilem I sebagai tanda kemenangan Belanda atas Pangeran Diponegoro.

Keris itu baru saja dikembalikan ke pemerintah Indonesia setelah hampir dua abad digenggam pemerintah Belanda. Sebelum dipulangkan, keris Kiai Naga Siluman ini telah puluhan tahun dicari lewat sejumlah penelitian.

Keris ini diyakini tersimpan di Museum Volkenkunde di Leiden, tetapi tak teridentifikasi keris yang manakah yang menjadi milik Pangeran Diponegoro itu.

Secara simbolis keris milik Pangeran Diponegoro itu dikembalikan oleh Raja Belanda Willem Alexander serta Ratu Maxima saat berkunjung ke Indonesia pada Selasa (10/3/2020). Keris diserahkan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

Baru-baru ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba-tiba mengunggah foto dirinya tengah melihat keris Pangeran Diponegoro di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2020) malam.

Dalam foto tersebut Prabowo tampak sedang memperhatikan keris peninggalan Pangeran Diponegoro yang ditaruh di dalam lemari kaca. Pria yang sempat mencalonkan dirinya sebagai Presiden dalam Pilpres 2014 dan 2019 itu terlihat serius mengamati keris lekuk sembilan yang bernama Kiai Nogo Siluman dengan warangka emas. 

"Pusaka Keris Peninggalan Pangeran Diponegoro yang disimpan di Museum Nasional Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat." tulis Prabowo di unggahan akun Instagram-nya @prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement