Advertisement

Swab Covid-19 Hanya 15 Menit dengan Metode Baru, Cek Harganya

Desyinta Nuraini
Senin, 23 November 2020 - 16:57 WIB
Sunartono
Swab Covid-19 Hanya 15 Menit dengan Metode Baru, Cek Harganya Tes swab untuk memeriksa virus corona (Covid-19) di rongga hidung. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Teknologi terbaru terus dikembangkan untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) secara akurat dan cepat. Salah satunya yang menggunakan teknologi tersebut yakni RS Siloam.

Mengutip akuninstagram Siloam Hospital, mereka menawarkan swab Covid-19 terbaru yang prosesnya hanya dalam waktu 15 menit. "Sudah Diverifikasi.

Advertisement

Siapa bilang swab butuh waktu lama? Kini telah hadir swab metode terbaru dan tercepat pertama di Indonesia, hanya butuh waktu proses 15 menit untuk deteksi Covid-19 dalam tubuh," tulis akun RS Siloam dalam akun Instagram resmi mereka, seperti dikutip Bisnis, Senin (23/11/2020).

BACA JUGA : Tarif Tes Swab Rp797.000 Mahal? Ini Perbandingan dengan

Tes molekuler isotermal dan RT-PCR merupakan tes diagnostik molekuler dengan metode pengambilan sampel usap (swab). Hanya saja, proses sampel dan teknologi yang digunakan berbeda.

Waktu proses pemeriksaan tes molekuler isotermal pun lebih cepat, yaitu 15 menit dan bisa dilakukan di luar laboratorium dengan ditunjang alat yang sifatnya portable (mudah dibawa).
 
Dalam swab Covid-19 terbaru ini, RS Siloam menggunakan Abbott ID Now™.  Melansir Global Point of Care, Abbott ID Now™ merupakan platform tempat perawatan molekuler terkemuka di Amerika Serikat yang memberikan hasil positif molekuler berkualitas tinggi hanya dalam 5 menit, menargetkan Gen RdRp virus Corona (Covid-19). "Metode terbaru molekuler isotermal," sebut postingan tersebut.

BACA JUGA : Rizieq Shihab Disebut Tolak Tes Swab, FPI Angkat Bicara

Tes ini diyakini memiliki sensitivitas sebanyak 95 persen dan spesifisitas 97,9 persen.

Untuk mendapatkan fasilitas swab molekuler isotermal ini, RS Siloam mengenakan biaya mulai dari Rp999.000 minimum 10 orang. Tes ini sementara tidak bisa dicover asuransi maupun BPJS Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement