Masyarakat Sekitar Kerumunan Habib Rizieq Diajak untuk Tes PCR Gratis

Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). - Antara
21 November 2020 10:07 WIB Hafiyyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Satgas Covid-19 meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Tebet dan Petamburan di Jakarta Selatan serta Megamendung di Bogor atau sekitar wilayah terjadinya kerumunan acara Rizieq Shihab, untuk segera melakukan Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) menyusul sejumlah kasus positif di wilayah tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Doni Monardo mengimbau agar masyarakat segera mendaftarkan diri ke RT/RW di wilayahnya untuk mendapatkan Test PCR tersebut secara gratis.

“Kami telah menyebarkan rapid test swab antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas yang wilayahnya berpotensi terjadi peningkatan kasus seperti di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. RT dan RW di Tebet, Petamburan dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas tersebut agar masyarakatnya segera mendapatkan Tes PCR dengan gratis,” paparnya, Jumat (20/11/2020).

Doni menjelaskan bahwa Tes PCR ini juga disarankan bagi orang-orang yang turut dalam penjemputan Habib Rizieq ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami memohon kesadaran seluruh masyarakat di sekitar wilayah Tebet, Petamburan dan Megamendung serta mereka yang turut menjemput Habib Rizieq untuk melakukan tes PCR ini demi melindungi diri serta keluarga. Dengan melakukan tes PCR ini dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.” Ujarnya.

Doni menambahkan bahwa jika dalam pemeriksaan tersebut ada yang positif Covid-19, maka dapat langsung melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat

Pada Jumat (20/11/2020) di Petamburan ada 15 orang dites, dan 7 orang positif Covid-19. Di Megamendung 20 orang dari 559 orang juga terkena Covid-19. Terakhir ada 50 orang di Tebet yang melakukan Tes PCR hasilnya positif Covid-19.

Sumber : Bisnis.com