Kampanye Anti Kalah di Masa Pandemi Gandeng Pekerja Kreatif & UMKM

Gelaran Infinix Anti Kalah Festival 2020 yang memberikan motivasi untuk berinovasi di tengah pandemi. - ist
07 November 2020 22:37 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kampanye tentang kreativitas di masa pandemi digelar melalui tajuk Infinix Anti Kalah Festival 2020. Kegiatan yang digelar selama 25 jam nonstop secara online sejak Kamis (5/11/2020) hingga Jumat (6/11/2020) ini dengan menghadirkan pekerja kreatif hingga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah di Indonesia termasuk DIY.

Country Marketing Manager Infinix Indonesia Sergio Ticoalu mengatakan festival online itu berusaha untuk mengkampanyekan semangat melakukan kreativitas, merealisasikan ide di masa pandemi agar bisa tetap bertahan. Anti kalah diambil sebagai bentuk kemenangan sekaligus inspirasi bagi anak muda agar terus berkarya meski di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA : Pandemi Covid-19 Picu Kreativitas Konten Medsos

Secara live streaming para pelaku industri kreatif, UMKM yang sebagian besar dari kalangan anak muda, kata dia, berbagi kisah inspiratif melalui kanal yang sudah disedikan. Harapannya beragam cerita tersebut bisa menjadi motivasi bagi pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya hadir melalui produk smartphone, pihaknya secara khusus ingin memberikan motivasi kepada para pemuda untuk berinovasi.

“Kampanye anti kalah digelar secara online selama 25 nonstop untuk semua orang waktu memberikan motivasi, mengajak orang survive di masa pandemi. Mendorong anak muda untuk terus berkarya, bagaimana mereka bisa anti kalah meski pandemi,” ungkapnya dalam rilisnya Sabtu (7/11/2020).

Ia menambahkan para narasumber yang diberikan kesempatan untuk memaparkan pengalamannya memang tidak diseleksi secara khusus. Namun mereka harus bisa memberikan nilai atau bukti bahwa dia mampu bertahan dan berinovasi di tengah pandemi. Sergio mengatakan dari sejumlah pekerja kreatif dan UMKM yang diberikan kesempatan, dari DIY tergolong cukup banyak yang terlibat.

BACA JUGA : Industri Kreatif Lokal Terdampak Pandemi, Astragraphia 

Menteri Koperasi dan UMKM Indonesia Teten Masduki menjadi pembicara kunci dalam gelaran online tersebut dan sejumlah tokoh UMKM penggerak. Mereka berbagi pesan positif dan ide segar tentang kisah bisa bertahan di kondisi selama pandemi.

“Intinya kami ingin membagikan semangat untuk bergerak dengan profesi apa pun, harus membuat kreativitas tanpa batas. Ini merupakan event pertama di Indonesia digelar 25 jam nonstop, orang bisa melihat semangat dari anak muda di Indonesia melalui anti kalah,” katanya.

Turut meramaikan dalam perhelatan online itu sejumlah Indie Band yang mewakili setiap daerah yang ada di Indonesia, kemudian belasan inovator dan founder dalam berbagai bidang turut dihadirkan.

BACA JUGA : Kreatif Selama Pandemi, Guru TK hingga Tutor Pendidikan

“Misalnya ada konten kreator, di saat pandemi dia membantu dengan memberikan desain kepada pelaku usaha kecil. Kemudian ada anak muda yang melalui kreasinya dia membuat start up memfasilitasi konsumen yang akan membeli sayuran tanpa harus datang ke pasar melalui aplikasi yang dibuatnya, ini inspiratif,” ujarnya.