Klaim Banyak Caketum Andal, Wasekjen PPP: Tak Ada Krisis Kepemimpinan

Sekretaris Fraksi PPP DPR/Wakil Sekjen DPP PPP sekaligus Anggota Komisi VI DPRAchmad Baidowi - Antara
27 Oktober 2020 09:07 WIB Oktaviano DB Hana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menegaskan tidak ada problem krisis kepemipinan di partainya.

Hal itu ditegaskannya di tengah menguatnya kabar yang menyebutkan Sandiaga Uno sebagai salah satu bakal calon Ketua Umum PPP. Menurutnya, ada sejumlah nama lain di tubuh partai itu yang siap untuk dicalonkan.

"Kalau dikatakan kami krisis kepemimpinan di PPP, tidak juga, karena faktanya banyak tokoh-tokoh di PPP," ujarnya kepada Bisnis, Senin (26/10/2020).

Achmad mengatakan bahwa kabar itu berkembang di kalangan pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW). Namun, informasi itu, jelasnya, hanya wacana ringan yang sifatnya informal.

"Jadi, hanya desas-desus, wacana ringan saja. Nonformal, informal, tidak serius," jelasnya.

Selain itu, Sandiaga Uno belum memenuhi syarat untuk masuk dalam bursa calon ketua umum PPP. Menurutnya, ketentuan yang termuat dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) yang menyebabkan hal itu.

"Saya kira teman-teman pengurus DPC dan DPW sadar betul bahwa di AD/ART itu ada ketentuannya, syarat menjadi Ketua PPP itu minimal satu periode di pengurus DPP atau pengurus DPW," kata Achmad.

Terpisah, Ketua DPW PPP Provinsi Jawa Tengah Masruhan Samsurie menilai menguatnya wacana tentang Sandiaga Uno masuk bursa calon Ketum PPP sebagai hal yang wajar. Pasalnya, Sandiaga Uno mempunyai reputasi yang bagus di kalangan umat Muslim.

"Bagi saya itu hal wajar saja kalau nama Sandiaga dilirik oleh sebagian orang di PPP karena kita tahu punya reputasi bagus, di samping dalam tanda petik punya perhatian di kalangan umat, itu terbukti pada agenda atau pilihan presiden kemarin, itu wajar," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (26/10/2020).

Namun, dia menegaskan banyak juga nama dari internal PPP yang layak untuk maju sebagai calon ketua partai. Bahkan, Masruhan mengungkapkan nama-nama politikus PPP dari Provinsi Jateng juga banyak yang disebut meramaikan kandidat ketua umum PPP periode selanjutnya.

"Ada Gus Yasin [Taj Yasin Maimoen] wajar kan Wagub Jateng, ada Pak Arsul Sani, kan itu orang Pekalongan. Ada lagi Pak Arwani Thomafi itu asli Lasem Rembang itu cukup punya nama karena punya hubungan baik dengan DPC, sekarang wakil ketua umum," ujarnya.

Nama-nama lain yang juga diusulkan maju dalam pemilihan ketua umum seperti Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, kader senior PPP Ahmad Muqowam, Wantimpres Mardiono, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sumber : Bisnis.com, Antara