Viral Video Tips Usaha Pelihara Tuyul, Ini Maksudnya

Tangkapan layer video viral tentang bisnis pelihara tuyul. - @twitter.
16 Oktober 2020 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebuah video yang membagikan momen ketika seseorang kakek yang berprofesi sebagai petani pisang di Kabupaten Bantul viral di media sosial Twitter. Video ini viral karena petani tersebut membagikan tips usaha sukses yang cukup nyentrik.

Video ini diunggah oleh akun Twitter @renaldypjs pada Rabu (14/10/2020). Akun Twitter ini mengunggah dua potongan video yang saling berkesinambungan. Dalam twitnya, ia menuliskan, "Ilmu bisnis yang tidak diajarkan di kampus."

Petani asal Bantul yang diketahui bernama Mbah Lasiyo ini mengatakan bahwa untuk membangun usaha maka dibutuhkan modal 3M.

BACA JUGA : Viral Video di Medsos Warga Ngaku Menangkap Tuyul

"Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3M. M satu adalah melihat, M dua memahami, M tiga melaksanakan. Jadi andai kata 3M itu dilaksanakan dengan baik dan benar, insyaAllah akan berhasil," ucap Mbah Lasiyo.

Pada akhir potongan video ini, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa usaha atau bisnis bisa lebih berhasil jika pebisis memelihara tuyul.

"Tapi akan lebih berhasil lagi, bila kita memelihara TUYUL," ucapnya.

Publik pun dibuat penasaran dengan ucapan Mbah Lasiyo soal tuyul. Mereka mengartikan kata tuyul tersebut sebagai setan gundul yang suka mencuri uang.

"Yukk ee ikut cara gp, pelihara tuyul sama ngepet :') @call911sometime," tulis akun @mOOrbucks.

BACA JUGA : Begini Kisah Warga Gunungkidul Tangkap Tuyul di Kuburan

"Nih biar lu cepet kaya, tonton sampe abis @sukakjaehyun," ujar akun @__monnlqghts.

Rasa penasaran warganet pun akhirnya bisa terjawab karena akun Twitter @Ihsanmauwae mengunggah video lanjutannya.

Ia menuliskan, "Nih Tuyulnya."

Dalam video tersebut, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa tuyul yang ia sebutkan bukanlah tuyul setan, tetapi TUYUL yang merupakan sebuah akronim.

"TUYUL adalah kepanjangan dari Takwa, Usaha, Yakin, Ulet, Lincah. Apabila kita tidak lincah, walaupun kita punya produk, akhirnya kita mejen atau tidak bisa terjual," jelasnya.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @ihsanmauwae ini pun menuai banyak respons dari warganet. Mereka merasa tercerahkan dengan unggannya.

"Akhirnya tercerahkan," tulis akun @sofianuraziza_.

"Aku awalnya sudah overthinking wkwk," ujar akun @sh1tpostingtsy.

Selain itu, akun @yoursunshine411 juga turut berkomentar, "Ooh tuyulnya ini."

Sumber : suara.com