Advertisement

Agenda Presiden di Hari Puncak Demo UU Cipta Kerja, Kunker ke Kalimantan

Muhammad Khadafi
Kamis, 08 Oktober 2020 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Agenda Presiden di Hari Puncak Demo UU Cipta Kerja, Kunker ke Kalimantan Presiden Joko Widodo - Instagram@jokowi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo pada hari ini, Kamis (8/10/2020) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah untuk meninjau proyek food estate. Kunker Presiden ini bertepatan dengan rencana puncak demonstrasi UU Cipta Kerja.

Adapun, Presiden Jokowi menuju Kalimantan Tengah dari Yogyakarta. Berdasarkan keterangan Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, Presiden sejak sore kemarin, Rabu (7/10/2020) tidak berada di Jakarta.

Advertisement

Dia mengatakan bahwa kemarin agenda Presiden Jokowi intern di Istana Bogor, Jawa Barat. Kemudian pada sore harinya Presiden menuju Solo, Jawa Tengah melalui jalur darat dari Yogyakarta.

"Di Solo, agenda presiden adalah nyekar atau ziarah ke makam Ibunda beliau," kata Bey saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

Kendati bertepatan dengan puncak demo UU Ciptaker, Bey membantah Presiden Jokowi sengaja meninggalkan Jakarta. Dia mengatakan bahwa agenda meninjau food estate di Kalimantan Tengah telah direncanakan jauh hari, sehingga tidak ada kaitan dengan aksi unjuk rasa.

"Presiden memang concern kepada ketahanan pangan nasional, karena seperti peringatan FAO ada risiko kelangkaan pangan akibat pandemi. Jadi memang Presiden ingin meninjau langsung progres Food Estate ini," ujarnya.

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) menyebutkan bahwa sejumlah serikat pekerja telah sepakat melakukan aksi massa turun ke jalan pada 6 - 8 Oktober 2020. Mereka menuntut sejumlah pasal di UU Ciptaker yang dinilai merugikan kaum buruh.

Lokasi unjuk rasa di DKI Jakarta akan berpusat di gedung DPR, Istana Kepresidenan, kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara itu, aliansi BEM seluruh Indonesia juga menyerukan aksi turun ke jalan pada hari ini, Kamis (8/10/2020). Istana Kepresidenan akan menjadi tempat menyampaikan aspirasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mempercepat Penanganan, Pemkab Kulonprogo Bikin Rembug Stunting

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement