Adakah Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11? Ini Penjelasannya...

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
06 Oktober 2020 02:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sejauh ini, pendaftaran Kartu Prakerja sudah sampai gelombang 10. Calon pendaftar yang tidak lolos pada Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 tentu berharap Kartu Prakerja gelombang 11 segera dibuka.

Namun pertanyaannya, adakah pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11?

Dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, pendaftaran Kartu Prakerja hingga hari ini masih menjadi pembicaraan hangat. Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan untuk mengembangkan kompetensi, produktivitas, daya saing dan kewirausahaan para angkatan kerja Indonesia.

Kartu Prakerja ini tidak menggunakan kartu fisik, namun berupa 16 angka unik seperti dalam kartu kredit, di mana saldonya bisa digunakan untuk membayar pelatihan. Sasaran penerima Kartu Prakerja itu sendiri adalah WNI berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Pendaftaran Kartu Prakerja sudah sampai pada gelombang ke 10. Jutaan calon pendaftar yang tidak lolos pada gelombang sebelumnya tentu berharap Kartu Prakerja gelombang 11 segera dibuka. Apalagi bagi yang sudah berkali-kali mendaftar tapi tidak lolos. Apakah Anda juga bertanya-tanya, adakah pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11?

Status Kepesertaan Prakerja Bisa Dicabut

Sebanyak 189.436 orang diketahui dicabut status kepesertaan Prakerjanya. Jumlah tersebut setara dengan 3,46% dari total penerima Kartu Prakerja gelombang 1-9 yang berjumlah 5.480.918 orang.

Dari pencabutan status kepesertaan tersebut, sejumlah Rp672,49 miliar telah dikembalikan ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN). Komite Cipta Kerja akan segera memutuskan berapa dan kapan dana yang kembali ke RKUN tersebut akan dipulihkan dan dialokasikan kepada peserta lainnya.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11

Sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 telah ditutup pada Senin, (28/9/2020) pukul 12.00 WIB. Para peserta yang dinyatakan lolos Kartu Prakerja akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja.

Jadi, setiap kali mendaftarkan diri, pastikan nomor yang terdaftar pada akun Prakerja Anda sudah sesuai dengan nomor ponsel yang Anda gunakan. Selain pemberitahuan yang dikirimkan melalui SMS, sebagai peserta Anda juga dapat mengecek lolos atau tidaknya prakerja melalui laman www.prakerja.go.id. Anda dapat mengeceknya secara langsung melalui dashboard Kartu Prakerja.

Pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10, telah menyerap sebanyak 116.261 orang. Penyerapan tersebut membuat kuota Kartu Prakerja tahun 2020 yang sebesar 5,59 juta perserta terpenuhi 100 persen. Namun, ada sebanyak 189.436 orang yang status kepesertaannya dicabut karena tidak mengikuti pelatihan pertama dalam 30 hari. Oleh karena hal tersebut, Komite Cipta Kerja akan mengalokasikan dana dan kuota kepada peserta lainnya.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan bahwa ada atau tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 nantinya tergantung keputusan komite.

Sumber : suara.com