Napi Asal China yang Kabur Masuk Hutan Tenjo Bogor Sempat Pulang dan Keluar Beli Makan

Buronan narapidana yang kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan alias Cai Ji Fan. - Ist
04 Oktober 2020 03:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, TANGERANG - Polisi masih berupaya memburu buronan narapidana yang kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Ia kabur ke dalam hutan di kawasan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan laporan yang diperoleh polisi dari warga sekitar, sang buronan sempat keluar dari hutan untuk membeli makanan.

"Memang dia sempat keluar di salah satu desa dekat situ untuk membeli makanan. Nah ini kemudian dia masuk ke dalam lagi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, KombesYusri Yunus di Polda Metro Jaya, Sabtu (3/101/2020).

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Sulaiman Unggah Foto Kolase Kakek Sugiono - Maruf

Yusri menuturkan, pihaknya kini telah mengerahkan satuan Brimob sebagai pasukan tambahan untuk memburu Cai Ji Fan. Bahkan, pencarian juga diperluas ke kawasan lain yang berpotensi bisa dijadikan tempat persembunyian.

"Kita memperluas lagi pencarian jejak ini ke daerah Desa Babakan, kemudian Pasir Madang dan juga daerah Pasar Rebo ini kita perluas pencarian kesana untuk melakukan pengejaran terhadap yang bersangkutan," ujarnya.

Sebelumnya, Cai Ji Fan melarikan diri dari Lapas Kelas 1 A Tangerang melalui gorong-gorong yang dibuatnya, pada Senin (14/9/2020).

Baca juga: Penyebab Padamnya Api Abadi Mrapen Grobogan, Ini Hasil Penelusuran Sementara ESDM

Gorong-gorong tersebut diduga dibuat dari kamar tahanan selama 8 bulan hingga menembus saluran pembuangan air perkampungan warga di Jalan Veteran, RT 003 RW 4 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Tepatnya berada di sebelah kiri pintu gerbang Lapas.

Belakangan diketahui bahwa Cai Ji Fan menggali gorong-gorong tersebut dengan menggunakan alat perkakas bangunan seperti sekop, obeng hingga pompa air.

Satu-persatu fakta dibalik pelarian Cai Ji Fan pun akhirnya terungkap. Salah satunya, terkuak bahwa Cai Ji Fan sempat membeli rokok di sekitar Lapas dan pulang ke rumahnya di Bogor, Jawa Barat. Hal itu terungkap berdasar hasil pemeriksaan terhadap istri Cai Ji Fan.

"Kita lakukan pemeriksaan kepada istri yang bersangkutan dan keluarganya, karena memang jeda waktu dia melarikan diri sekitar 4 sampai 5 jam itu dia sudah sampai di kediamannya di daerah Tenjo, Bogor," ungkap Yusri.

Selain sempat pulang ke rumahnya di Bogor, Cai Ji Fan ternyata juga sempat membeli rokok di warung sekitar Lapas. Fakta tersebut diperoleh berdasar kesaksian warga sekitar.

Kekinian penyidik pun masih berupaya melakukan pengejaran terhadap Cai Ji Fan yang diduga melarikan diri ke dalam hutan.

Berdasar keterangan warga, Cai Ji Fan melarikan diri ke dalam hutan di wilayah Tenjo, Bogor, Jawa Barat seusai menemui istri dan anaknya.

"Info dari beberapa warga yang kita dalami yang bersangkutan masuk ke hutan sana. Sementara kita ada beberapa tim fokus ke sana," pungkas Yusri.

Sumber : Suara.com