Surat Penujukan Mahfud MD Jadi Mendagri Beredar, Kemendagri: Tito Hanya ke Singapura 2 Hari

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. - Antara
28 Agustus 2020 19:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Surat penunjukan Mahfud MD sebagai Mendagri yang beredar di media diklarifikasi otoritas Kemendagri.

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Kastorius Sinaga mengklarifikasi surat berisi penunjukkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD untuk menggantikan Mendagri Tito Karnavian sementara.

Kastorius meluruskan bahwa surat itu sebenarnya sudah diralat lantaran tidak diperlukan.

Kastorius menjelaskan Tito berangkat ke Singapura untuk memenuhi undangan Mendagri negara tersebut.

Kedua belah pihak akan membahas kerja sama terkait penanggulangan Covid-19, mendiskusikan kerja sama penanganan keamanan regional dan kelancaran program investasi di Indonesia.

"Surat yang dikeluarkan Sekjen Kemendagri yang beredar luas di wartawan kurang tepat dan harusnya tidak beredar ke luar," kata Kastorius saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Ia menyebut kalau surat itu tidak diperlukan lantaran Tito hanya dua hari di Singpura.

Kastorius mengatakan kalau mantan Kapolri tersebut bakal kembali ke tanah air pada Minggu (30/8/2020). Sehingga tidak perlu hingga dibuatkan surat penunjukkan Mendagri sementara.

"Karena Bapak Mendagri akan kembali ke Jakarta hari Minggu dan tidak terlalu dibutuhkan tanda tangan surat menyurat oleh Bapak Mendagri, sebagaimana maksud surat Sekjen tersebut," ujarnya.

Selanjutnya, Sekjen Kemendagri akan meralat atau melakukan perbaikan atas surat tersebut.

Sebelumnya beredar surat yang berisikan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md untuk menggantikannya sementara.

Sumber : Suara.com