Punya Penantang Serius di Pilkada Solo, Gibran Lontarkan Kalimat Singkat

Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar
18 Agustus 2020 19:47 WIB Kurniawan News Share :

Harianjogja.com, SOLO—Pilkada Solo 2020 kemungkinan besar akan menjadi arena pertarungan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP melawan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) dari jalur perseorangan.

Berdasarkan hasil verifikasi faktual perbaikan dukungan Bajo, pasangan yang diusung Tikus Pithi Hanata Baris itu mendapat tambahan 10.000-an dukungan. Sebelumnya dukungan memenuhi syarat (MS) Bajo di angka 28.629 suara.

BACA JUGA: Alat Informasi Kebencanaan Makin Banyak, YIA Aman dari Gempa & Tsunami

Artinya total dukungan Bajo yang dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU 38.629 suara. Angka itu sudah melebihi jumlah minimal dukungan dari jalur perseorangan yang disyaratkan 35.870 suara atau 8,5 persen dari DPT Pemilu 2019.

Sinyalemen lolosnya Bajo di Pilkada Solo 2020 ditanggapi santai cawali Solo PDIP, Gibran Rakabuming Raka. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu hanya mengeluarkan satu kalimat atas peluang lolosnya pasangan Bajo.

“Ya sudah, selamat berjuang, nanti ketemu di 9 Desember[2020],” ujar dia, Selasa (8/8).

BACA JUGA: Pilkada Solo Memanas, Kubu Gibran & Rivalnya Saling Klaim Kemenangan

Saat disinggung tentang dihentikannya pengusutan dugaan pemalsuan dukungan Bajo oleh Tim Gakkumdu Solo, Gibran tak berkomentar. Dia mengarahkan awak media untuk meminta keterangan kepada Bawaslu dan KPU Solo. Gibran menyatakan siap menghadapi siapa pun lawan mereka di pilkada akhir tahun ini. “Kami optimistis pokoknya. Siapa pun lawannya tidak boleh dianggap remeh, dan akan kami hadapi dengan sepenuh hati,” urai dia.

Gibran pun mengingatkan kader PDIP Solo untuk selalu menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19.

Caranya dengan selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu masyarakat harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan tidak bersalaman dulu dengan orang lain. “Pesan saya tolong jaga kesehatan, pakai masker dan sering-sering cuci tangan. Kita kalau mau 90 persen [menang] ya semua harus sehat. Kalau pada sakit ya ndak bisa 90 persen. Jadi selalu patuhi protokol kesehatan,” seru Gibran.

Sumber : JIBI/Solopos