Advertisement

Beda Penampilan di Sidang Tahunan, Jokowi Pakai Adat NTT, Ma'ruf Berjas

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 14 Agustus 2020 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Beda Penampilan di Sidang Tahunan, Jokowi Pakai Adat NTT, Ma'ruf Berjas Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Pulau Sabu, NTT. - Ist via INews.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir dalam Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pagi ini, Jumat (14/8/2020). Sama-sama hadir, tapi keduanya tak kompak mengenakan pakaian adat seperti saat pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Rombongan Wapres lebih dulu tiba di Gedung Kura-kura Nusantara I sekitar pukul 08.18 WIB dan langsung menuju ruang tunggu VIP.  Wapres Ma’ruf Amin tampak mengenakan jas dan celana hitam, kemeja putih dan dasi berwarna merah. Lalu dipadankan dengan peci berwarna hitam khasnya.

Advertisement

Tak lama berselang, sekitar pukul 08.23 WIB, iring-iringan rombongan Presiden Jokowi memasuki kawasan Kompleks Parlemen. Begitu turun dari kendaraannya, Jokowi langsung mengatupkan salam sebagai ucapan selamat. Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT), Pulau Sabu.

Baju yang dikenakan Jokowi berwarna dasar hitam dengan selendang bercorak emas menyilang di bagian depan badan melewati kedua bahunya dan menjuntai ke belakang.

Jokowi langsung disambut Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Selanjutnya Presiden berjalan menuju podium untuk berfoto dengan pimpinan lembaga tinggi negara lainnya. Presiden dan para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya kemudian berjalan menuju ruang VIP.

Sidang Tahunan MPR kali ini akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Tata cara Sidang Tahunan MPR juga sudah dikoordinasikan dengan Sekretariat Jenderal DPR dan DPD.

“Kita sudah melakukan gladi bersama-sama dan juga dengan Sekretariat Negara. Jadi, intinya kita sudah mempersiapkan tata cara persidangan, dan sudah siap untuk melakukan Sidang Tahunan MPR,” kata Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma’ruf Cahyono di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Sekadar diketahui, pada pemerintahan sebelumnya, Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengenakan pakaian daerah saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD pada tahun 2017.

Saat itu, Jokowi mengenakan pakaian adat khas Bugis, Sulawesi Selatan, tempat kelahiran Wapres Kalla. Sementara, Kalla mengenakan pakaian adat khas Jawa, kampung halaman Presiden Jokowi.

Berita ini sudah tayang di INews.id dengan judul "Sidang Tahunan MPR: Jokowi Pakai Baju Adat Sabu, Ma'ruf Amin Pakai Jas". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : INews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bangun TPR Sementara, Pemkab Bantul Anggarkan Rp800 Juta

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement