Konglomerat Ini Bangun Laboratorium Covid-19 Terbesar di Indonesia

Ilustrasi. - Freepik
10 Agustus 2020 20:47 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Konglomerat Arsyad Rasjid melalui Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) membuat laboratarium pemeriksaan Covid-19 dengan kapasitas terbesar di Indonesia di kawasan Cilandak Jakarta Selatan. Arsyad Rasjid tercatat sebagai founder di GSI Lab.

GSI Lab merupakan laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction) pertama di Indonesia guna meningkatkan kapasitas layanan tes PCR secara nasional dan masif. Lab ini, rencananya akan dibuka secara resmi pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Menurut informasi, laboratorium itu, nantinya mampu menampung lapasitas pemeriksaan tes 5.000 PCR per hari.

Disebutkan, GSI Lab juga akan meluncurkan program Swab And Save Indonesia yaitu sebuah program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes PCR.

GSI Lab adalah gerakan solidaritas dan kolaborasi bersama yang diinisiasi oleh Indika Foundation dalam rangka membantu Pemerintah Indonesia, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Gerakan ini melahirkan sebuah inisiatif untuk membangun sebuah laboratorium untuk pengetesan Covid-19.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas tes PCR secara nasional dan masif. Melalui GSI Lab, kami ingin menunjukkan rasa solidaritas dan semangat gotong-royong anak bangsa, sambil terus berusaha untuk menginspirasi bahkan mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi mendukung gerakan ini.

Peningkatan jumlah positif Covid-19 di Indonesia masih cenderung meningkat. Meski demikian, data jumlah kasus positif penderita virus ini di Indonesia pun belum mempresentasikan kondisi riil.
 
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahkan telah menetapkan target bagi masyarakat untuk melakukan tes PCR sebanyak 30.000 tes per hari, untuk terus mengungkap jumlah penyebaran virus yang terjadi. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia