Geger Wawali Solo Positif Covid-19, Bagaimana dengan Kondisi Gibran?

Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos - Kurniawan)
25 Juli 2020 07:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, dinyatakan positif Covid-19. Kabar itu membuat geger sejumlah kalangan, termasuk awak media dan legislator DPRD Solo karena beberapa hari terakhir Purnomo beraktivitas seperti biasa.

Kondisi fisik Purnomo tampak baik-baik saja atau tidak ada keluhan apa pun. Salah satu kegiatan yang diikuti Purnomo adalah rapat paripurna DPRD Solo pada Rabu (22/7/2020). Karena kegiatan itu akhirnya 18 legislator DPRD Solo harus menjalani swab test.

Berdasarkan rekaman video dokumentasi rapat di Sekretariat DPRD Solo, para legislator itu melakukan kontak dengan Purnomo sebelum hingga seusai rapat. Mereka dijadwalkan mengikuti swab test di Loji Gandrung pada Sabtu (25/7/2020).

Beberapa legislator yang akan menjalani swab test di antaranya Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo, Wakil Ketua DPRD Solo Sugeng Riyanto dan Achmad Sapari. Juga Ketua Komisi III DPRD Solo Honda Hendarto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo Teguh Prakosa.

Baca Juga: Wakil Wali Koto Solo Achmad Purnomo Positif Terinfeksi Corona

Walau tes belum dilakukan, orang-orang yang berkontak dengan mereka yang kontak langsung dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang positif Covid-19 mulai merasa waswas.

Silaturahmi Cawali-Cawawali

Sebagai wakil rakyat, sudah sewajarnya mereka berhubungan dengan banyak orang. Salah satunya saat digelar silaturahmi antara pasangan cawali-cawawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, Jumat (24/7/2020).

Pertemuan itu dihadiri Gibran-Teguh dan sejumlah legislator yang sempat kontak dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang positif Covid-19. Bahkan Gibran duduk diapit Teguh Prakosa dan Budi Prasetyo di kursi depan.

Baca Juga: Sebelum Dinyatakan Positif Corona, Wawali Kota Solo Sempat Bertemu Jokowi & Pengin ke Jogja

Selain itu seusai acara, para legislator Fraksi PDIP melakukan foto bersama Gibran-Teguh. Kendati memakai masker tapi jarak mereka cukup dekat atau nyaris berdempetan.

Selain itu ruang yang digunakan untuk pertemuan tertutup dan ada fasilitas air conditioner (AC). Kepada awak media, Gibran mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengonsumsi makanan-minuman bergizi.

Tujuannya untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh sehingga tidak mudah diserang berbagai penyakit. “Mas-mas, mbak-mbak yang tadi ikut ke DPRD Solo selalu jaga kondisi tubuh ya. Semoga semuanya sehat-sehat terus,” kata dia.

Sumber : Solopos.com