11 Santri Pondok Gontor 2 Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
19 Juli 2020 04:17 WIB Abdul Jalil News Share :

Harianjogja.com, PONOROGO--Sebanyak sebelas santri Pondok Modern Darussalam Gontor 2 yang terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh, Sabtu (18/7/2020). Sehingga saat ini total santri Pondok Gontor 2 yang sembuh ada 21 orang.

“Kabar sembuhnya sebelas santri ini disampaikan langsung oleh pihak RS Lapangan Indrapura Surabaya kepada Satgas Covid-19 Gontor,” kata Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Gontor, M. Adib Fuadi Nuriz dalam keterangannya, Sabtu (18/2020) sore.

Adib menyampaikan sebelas santri tersebut telah diperbolehkan pulang ke pondok. Pihaknya akan segera menjemput sebelas santri yang hasil tes swab terakhirnya menunjukkan hasil negatif tersebut.

BACA JUGA : Cegah Penyebaran Corona, 500 Santri Pondok Gontor Jalani 

Setelah sampai di Pondok Gontor 2, para santri ini akan menjalani karantina terlebih dahulu. Tim satgas juga akan melakukan pendampingan dan pemulihan psikologis dengan program psychological healing dengan melibatkan pakar psikologi dan edukasi.

“Kami akan melibatkan pakar psikologi dan edukasi seperti Kak Uchon dan Miftahul Jinan yang merupakan salah satu pakar bidang pendidikan Islam,” ujar Adib.

Pihaknya mengapresiasi penanganan petugas kesehatan di RS Lapangan Indrapura terhadap para santri Gontor. “Saya sangat bersyukur atas terwujudnya kerja sama yang sangat bagus dengan RS Indrapura. Terbukti penanganan kita ini bisa diukur sesuai dengan protap dan SOP yang kita buat,” kata dia.

Dengan masifnya kasus konfirmasi positif Covid-19 di lingkungan Pondok Gontor, pihaknya kini semakin mengintensifkan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di lingkungan pondok. Seluruh kampus-kampus cabang Pondok Gontor juga membentuk satgas masing-masing untuk memudahkan koordinasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

BACA JUGA : Ini Contoh Rancangan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

“Kita mendapat instruksi dari pimpinan agar masing-masing kampung PMDG membentuk satgas. Tentunya ini merupakan langkah strategis sekaligus preventif. SOP satgas kampus cabang ini agar menginduk ke SOP satgas pusat,” terangnya.

Dengan adanya sebelas santri Pondok Gontor 2 yang sembuh itu berarti kini masih ada 22 santri yang dirawat di RS Indrapura Surabaya. Untuk total kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masuk dalam klaster Pondok Gontor 2 yakni ada sebanyak 43 orang.

Sehari sebelumnya ada lima santri pondok yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka kemudian langsung dikirim ke RS Indrapura untuk mendapatkan perawatan dan isolasi.

Sumber : JIBI/Solopos