Gibran Maju Pilkada Solo, Mantan Menteri Jokowi Sebut Offside

Rizal Ramli - Antara/Aprillio Akbar
18 Juli 2020 15:27 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – PDIP mengumumkan 45 calon kepala dan wakil kepala daerah yang mereka usung di Pilkada 2020. Dari 45 puluhan nama tersebut, terdapat putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka yang maju di Pilkada Solo.

Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa. Sementara Gibran sudah mendapat kepastian, lain halnya dengan saudara iparnya, PDIP belum mengumumkan mengusung menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Kota Medan 2020.

Bobby adalah suami dari Kahiyang Ayu (putri Jokowi). Dia sebelumnya telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar dan Partai Nasdem untuk maju di Pilkada Kota Medan 2020.

Atas keikutsertaan anak dan mantu Jokowi di Pilkada Serentak 2020, mantan tokoh mahasiswa, pakar ekonomi dan politikus Rizal Ramli pun berkomentar sinis lewat akun Twitternya @RamliRizal, Sabtu (18/7/2020).

Rizal Ramli yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia menggantikan Indroyono Soesilo ini mencuit bahwa Jokowi offside, keterlaluan demi anak dan menantu.

Ndak nyangka kirain budaya Solo itu santun, tau diri, pertimbangkan rasa & etika. Lho kok ini anomali, vulgar?” cuitnya.

Gibran secara resmi mendapat restu dari PDIP. Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meminta seluruh kader, sukarelawan, dan tim pemenangan bersatu mengamankan rekomendasi cawali-cawawali di Pilkada Solo 2020.

“Dari 45 pasangan calon bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota di Provinsi Jawa Tengah. Ada lima pasangan calon yang diumumkan, salah satunya dari Solo,” jelas Rudy, sapaan akrabnya, kepada wartawan di Loji Gandrung, Solo, Jumat (17/7/2020).

Rudy menjelaskan rekomendasi untuk cawali-cawawali Pilkada Solo 2020, DPP PDIP memberikan kepada Gibran dan Teguh. Dia mengatakan sudah merupakan salah satu kewajiban kader partai untuk mengamankan rekomendasi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia