Advertisement

Kemenhub Minta Perwira Transportasi Laut Adaptasi Teknologi Otomasi

Rio Sandy Pradana
Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:17 WIB
Sunartono
Kemenhub Minta Perwira Transportasi Laut Adaptasi Teknologi Otomasi Kapal laut - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan perwira transportasi laut untuk piawai dalam menyesuaikan diri dalam melakukan teknologi otomasi di kapal.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Sugihardjo menyoroti tentang perkembangan teknologi yang terjadi pada industri maritim, dengan penyelenggaraan angkutan laut yang dulunya konvensional semakin hari semakin sarat teknologi bahkan pada sidang terakhir International Maritime Organization (IMO) telah ada gagasan teknologi otomasi di kapal.

Advertisement

BACA JUGA : Larangan Mudik Transportasi Laut Paling Lama

"Penguasaan teknologi saat ini merupakan bekal penting yang harus dimiliki oleh seluruh lulusan sekolah pelaut BPSDMP agar mampu bersaing dengan pelaut luar negeri," kata Sugihardjo dalam siaran pers, Jumat (17/7/2020).

BPSDMP kembali mewisuda 472 orang Perwira Transportasi Laut yang diselenggarakan secara langsung bertempat di lapangan Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Penyelenggaraan wisuda secara langsung dapat terselenggara setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah.

Pihaknya menuturkan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang di era new normal ini, wisuda yang biasanya dihadiri langsung oleh para orang tua dan kerabat wisudawan, kini dapat disaksikan dari lokasi masing-masing dengan menggunakan live streaming di berbagai platform media sosial.

BACA JUGA : Hati-Hati, Transportasi Laut Diperingatkan Akan Terganggu

Dia meminta para lulusan tetap mempertahankan kemampuan teknis dan sikap profesional dengan menjunjung integritas tinggi dan dengan didasari filosofi dasar nautika dan teknika agar tidak salah dalam pengambilan keputusan.

"Awak kapal harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi otomasi di kapal, termasuk juga para perwira transportasi yang diwisuda," ujarnya.

Lebih lanjut, menurutnya guna menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi ini, seluruh perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP, harus terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat menghasilkan lulusan yang tangguh, profesional, mandiri, dan berwawasan global. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement