Cerita Menhub Terpapar Corona, Berat Badan Turun hingga 16 Kilogram

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan keterangan terkait penurunan harga tiket pesawat, di Jakarta, Kamis (20/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
27 Juni 2020 16:17 WIB Dionisio Damara News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa berat badannya sempat turun hingga 16 kilogram saat dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Budi bahkan tidak mengira bahwa bobot badannya akan turun drastis. Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi  saat itu menyarankan dirinya agar tidak memikirkan pekerjaan dan fokus memperbaiki porsi makan.

“Presiden juga telepon Pak Budi, jangan mikir kerjaan dulu yang penting banyak makan. Saya waktu itu langsung makan 6 kali sehari, susu 6 botol. Dalam 10 hari naik 8 kilogram,” ujarnya dalam konferensi daring di Rakyat Merdeka Tv, Sabtu (27/6/2020).

Akan tetapi, porsi makan berlebih itu justru menuai kritik dari dokter yang menangani Budi. Menurutnya, dokter gizi merekomendasikan makan secukupnya 3 kali sehari dan minum susu 2 gelas per hari.

Selain itu, kata Budi, dokter juga menyarankan untuk mempertahankan bobot tubuhnya saat ini.

“Berat saya sekarang lebih kurus 6-5 kilogram karena dokter menyarankan ini berat ideal supaya metabolisme baik, daya dukung badan organ cukup memadai,” ujarnya.

BACA JUGA : Menhub Didiagnosis Tifus sebelum Ketahuan Positif Covid-19

Adapun, saat terpapar virus corona, Budi Karya menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto selama 18 hari, mulai 13 sampai dengan 31 Maret 2020.

Setelah dinyatakan sembuh, Budi menjalani pemulihan mandiri di rumah dinasnya di Widya Chandra, Jakarta. Saat ini, dia telah kembali aktif melakoni kesibukan sebagai Menhub.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia